Potensi Luar Biasa Dari Lahan Parkir

Sebuah hal yang sangat kecil dan tampak tidak berharga kadang menjadi hal yang remeh dan dianggap tidak menguntungkan. Seperti halnya dengan parkir, hanya seribu atau dua ribu rupiah, orang akan dengan mudah mengeluarkan uang kepada petugas parkir. Bayangkan jika setiap satu tempat parkir dalam satu hari ada seribu kendaraan dan ongkos parkir adalah seribu maka bisa dihitung dalam satu hari satu juta bisa diperoleh. Dalam satu bulan 30 juta bisa diperoleh.

Saat ini sudah ada perusahaan pengelola parkir dan beberapa perkantoran, hotel, mall, pasar juga sudah menggunakan jasa perusahaan parkir tersebut. Namun jika dilihat dimana-mana masih banyak parkir-parkir liar di Jalanan. Menggunakan trotoar atau tempat seadanya untuk lahan parkir. Dan kebanyakan dikelola oleh pemegang kekuasaan ditempat tersebut yang biasanya adalah para preman. Sehingga tidak jarang pengenaan tarif yang terlalu besar dan sering juga ada pemaksaan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna kendaraan. Disamping itu potensi keuntungan dari parkir tersebut otomatis hanya masuk ke para pemegang kekuasaan tersebut.

Sudah saatnya negara bertindak dan andil dalam perbaikan tata perparkiran di Indonesia, agar pengelolaan parkir di Indonesia lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Beberapa keuntungan yang bisa didapat jika pengelolaan dilakukan oleh negara namun dengan cara yang baik tanpa korupsi dan tilep-tilepan, diantaranya

1. Meningkatkan Pendapatan Negara
Dari penjelasan diatas ada potensi yang sangat besar dari lahan parkir jika dikelola secara baik dan benar. Dan keuntungan tersebut bisa menjadi salah satu sumber pendapatan negara.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat
Setelah parkir dikelola oleh negara, para petugas sebaiknya dibina dan diarahkan untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna parkir. Tentu dengan memberikan upah atau gaji yang layak kepada petugas parkir tersebut, akan meningkatkan kesejahteraannya.

3. Mengurangi Kemacetan
Parkir liar yang kebanyakan menggunakan badan jalan dan juga trotoar akan sangat berpengaruh pada kemacetan. Penertiban tempat parkir tentu akan mengurangi kemacetan dan memberi kenyamanan bagi para pengguna jalan.


0 Response to "Potensi Luar Biasa Dari Lahan Parkir"

Post a Comment