Obat Hati Itu Lima Perkaranya

Tombo ati iku limo perkarane
1. Kaping pisan Moco Quran lan maknane
2. Kaping Pindo Sholat Wengi Lakonono
3. Kaping Telu Wong Kang Soleh Kumpulono
4. Kaping Papat Kudu Weteng Ingkang Luwih
5. Kaping Limo Dzikir Wengi Ingkang Suwe
Sepenggal syair yang biasa menjadi puji-pujian selepas adzan menjelang sholat fardu dikumandangkan sambil menunggu imam datang. Syair ini juga dipopulerkan oleh pelantun lagu religi, Opick.

Hati seperti halnya dengan tubuh dapat terhinggapi suatu penyakit, inilah yang disebut penyakit hati. Perbedaannya ketika tubuh ini sakit, manusia akan merasakan sesuatu yang tidak enak dibadannya bisa panas tinggi, pusing, mual, muntah-muntah, sehingga bersegeralah manusia pergi ke dokter untuk berobat berharap agar penyakit ditubuhnya segera hilang. Namun ketika ada penyakit di dalam hati banyak manusia yang tidak merasakannya dan membiarkannya begitu saja sehingga lama kelamaan penyakit hati tersebut semakin parah. Hal ini terjadi akibat ketidaktahuan seseorang akan adanya penyakit hati. Penyakit hati tersebut adalah sifat-sifat buruk manusia yang bersumber di dalam hati manusia seperti sifat sombong, suka ria, takabur, iri, dengki.

Oleh karenanya perlu kita kenali beberapa tanda atau gejala penyakit hati sudah hinggap pada diri manusia:
1. Gampang melakukan perbuatan durhaka dan dosa
2. Tidak tekun beribadah
3. Malas melakukan ibadah
4. Gelisah dan resah karena masalah
5. Malas membaca Al-quran
6. Mudah memutus tali silaturahmi
7. Hanya dunia yang dipikirkan
8. Pelit dan kikir serta susah untuk bersedekah
9. Suka berdusta
dan lain-lain
Jika salah satu dari beberapa tanda dan gejala ada pada diri manusia berarti dia sudah terserang dengan yang namanya penyakit hati. Syair yang berjudul Obat Hati Itu Lima Perkaranya mempunyai kandungan dalam untuk mengobati penyakit hati tersebut. Seperti halnya obat panas atau pusing atau obat lainnya akan terasa pahit namun akhirnya menyembuhkan. Begitu juga obat hati pahitnya adalah malas, segan, malu,

1. Membaca Al-Quran dan Maknanya
Walaupun dalam keadaan malas dan sesibuk apapun usahakan untuk menyempatkan membaca Al-Quran. Tercantum dalam Al-Quran Surat Ar-Ra'du ayat 28 “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. Dengan membaca Al-Quran hati akan menjadi tenang.

2. Melakukan Sholat Malam
Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunah yang selalu dikerjakan oleh Muhammad SAW. Dan dalam hadistnya Rosul sangat menganjurkan agar setiap umat islam melaksanakannya. Seperti tertera dalam Surat Al-Isro ayat 79 "dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji."

3. Berkumpullah dengan Orang Sholeh
4. Berpuasa
5. Dzikir Malam Diperlama

0 Response to "Obat Hati Itu Lima Perkaranya"

Post a Comment