--> Skip to main content

Senam Yang Nyaman dan Menyehatkan

Setiap hari jumat ditempat saya bekerja biasanya dilakukan senam kesegaran jasmani bersama. Sebenarnya bukan senam kesegaran jasmani, tapi lebih mengarah pada aerobik. Pernah saya juga saya ikut, dan terlihat didominasi oleh para wanita dan kaum hawa namun para pria dan bapak-bapak juga tidak sedikit yang turut bersemangat. Tahu karena senamnya yang bikin semangat atau instrutur senamnya. hahaha. Namun baru 2 atau 3 kali ikut, jadi kurang menarik, karena yang saya rasakan badan memang berkeringat, tapi koq senam tanpa pemanasan atau pendinginan. Juga gerakannya awut-awutan. Gimana nanti pengaruh ke badan, mbentuk kagak malah sakit-sakitan atau cedera lagi, bisa gawat. Tapi namanya senam juga ga akan membuat badan menjadi pegal-pegal.

Beberapa saran sebaiknya dilakukan agar kualitas olahraga yang dilakukan menjadi lebih baik

1. Didahului dengan Pemanasan
Pemanasan bisa dengan lari-lari kecil, peregangan otot-otot agar tidak kaget nantinya jika melakukan lompatan atau gerakan ekstrim lainnya.

2. Gerakan secara teratur.
Gerakan yang teratur dan harmonis akan menimbulkan kenyamanan di badan. Beda dengan gerakan yang acak-acakan, misalkan setelah gerakan dikepala langsung lompat-lompat, sebaiknya kepala berurutan kebawah dan kaki bagian paling terakhir. Ritme atau kecepatan gerakan dimulai dari yang santai, agak kencang, kencang, agak kencang, santai

3. Diakhiri dengan pendinginan
Pendinginan dilakukan untuk menetralisir nafas, dan otot yang tegang agar tidak timbul pegal-pegal dan juga cedera.

Kalau yang bisa dilakukan dirumah ya tinggal cari video senam di internet, kemudian download videonya dan putar di rumah. Semakin asyik lagi kalau melakukan senam bersama dengan istri/ suami dan anak-anak tercinta. Jadi bukan hanya kita saja yang sehat, tapi keluarga juga ikut sehat. Supaya tambah semangat, bisa ditambah dengan sound system yang keren, sehingga senam semakin bersemangat.

Kalau melakukan olahraga dirumah bisa dilakukan kapan saja selagi sempat. Ketika bangun tidur pun bisa berolahraga, yang penting kita memiliki keluangan waktu dan tempat. Kalau semakin rajin berolahraga, kita menjadi semakin sehat. Kalau sehat, tentu melakukan segala aktivitas tidak akan terganggu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar