Strategi Hindari Krisis di Akhir Bulan

Bagi orang yang gajian, awal bulan adalah saat-saat yang berbahagia dan berbunga-bunga bukan cuma untuk dirinya sendiri tapi juga orang-orang didekatnya. Bagaimana tidak, setelah bekerja sebulan lamanya gaji pun dibagikan. Tentu saja senyum membahana dimana-mana. Namun seperti bunga yang awalnya mekar kemudian layu. Begitu juga orang yang gajian semakin hari, semakin mendekati akhir bulan, keuangan pun semakin menipis.
Ada banyak sebab, kenapa orang gajian tidak bisa menikmati diakhir bulan mereka. Seperti keharusan membayar cicilan kredit hutang yang jatuh tempo di awal bulan.Belanja berlebihan di saat baru terima gaji. Kurang paham tentang besarnya penerimaan dan pengeluaran setiap bulan mereka, dan lain-lain sebabnya.
Ada baiknya sebelum menggunakan gaji anda, memperhatikan hal-hal berikut:

1. Catat Penerimaan dan Pengeluaran Perbulan
Pencatatan ini penting untuk mengetahui cashflow yang terjadi pada keuangan seseorang. Dengan mencatat setiap penerimaan dan pengeluaran secara detail baik itu dikertas atau di handphone atau di laptop menjadikan seseorang akan lebih disiplin dalam mengelola keuangannya. Dan jangan pernah membuang membuang struk atm atau belanjaan anda sebelum anda mencatatnya.

2.Prioriaskan Yang Lebih Penting
Membayar kredit hutang tentu penting, membayar cicilan motor juga penting, membayar cicilan sepatu yang anda masih punyai sepatu 2 lagi dirumah menurut saya kurang penting. Dengan skala prioritas dalam pengeluaran mana yang paling penting, lebih penting, penting.

3. Konversikan Pengeluaran Anda
Misalkan anda membayar jasa laundry setiap bulan untuk membersihkan pakaian anda. Ketika bulan berikutnya anda mencuci sendiri, konversikan lah yang sebelumnya untuk membayar laundry menjadi tabungan anda. Masukkan kedalam celengan atau amplop atau apapun sehingga anda dapat menghitungnya setelah berapa bulan hasil anda mengkonversikannya. Atau jika anda seorang perokok, suatu saat anda tidak jadi membeli rokok, konversikan uang rokok tadi menjadi tabungan.

Mudah-mudahan beberapa tips diatas menjadikan akhir bulan menjadi hal yang menyenangkan.

0 Response to "Strategi Hindari Krisis di Akhir Bulan"

Post a Comment