7 Penyebab Tingginya Kolesterol

penyebab kolesterol tinggi
Kolesterol sekarang menjadi momok yang menakutkan, bukan hanya bagi orang yang gemuk terkena kolesterol, namun orang yang bertubuh kurus pun bisa jadi punya kolesterol tinggi. Kenapa kolesterol menjadi hal yang menakutkan? Tentu karena efek yang ditimbulkan menjadi cukup serius untuk tubuh manusia. Berbagai penyakit yang timbul akibat tingginya kadar kolesterol antara lain, hipertensi, sakit kepala, bahkan bisa menyebabkan serangan jantung akibat penyumbatan pembuluh oleh kolesterol tadi. Sebenarnya apa saja yang menyebabkan kolesterol menjadi tinggi dalam tubuh kita. Disini akan ditengahkan 7  Penyebab Tingginya Kolesterol.

1. Diet
Program diet sejatinya untuk mengurangi kadar zat dalam tubuh seperti karbohidrat. Kebanyakan diet dengan tujuan untuk mengurangi kegemukan. Namun akibat dari pemilihan dan konsumsi makanan yang asal-asalan. Seperti ketika pagi hari masih terlalu banyak memakan makanan mengandung lemak jenuh. Anda akan menemukan lemak ini dalam makanan yang berasal dari daging, telur, mentega. Makanan kemasan yang mengandung minyak kelapa, minyak kelapa sawit, atau cocoa butter mungkin memiliki banyak lemak jenuh. Anda juga akan menemukan lemak jenuh dalam  margarin, minyak sayur, dan sebagian besar kue, kerupuk, keripik, dan makanan ringan lainnya. Lemak jenuh sebenarnya lemak kategori sehat, namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih akan menjadi tidak baik juga untuk tubuh.

2. Berat Badan
Kelebihan berat badan seperti kegendutan dengan perut yang maju seperti orang hamil bukan hanya berdampak pada kehidupan sosial anda. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL, atau kolesterol baik. Dengan mengurangi isi perut anda, yaitu dengan mengurangi lemak di perut anda akan meningkatkan kesehatan tubuh anda.

3. Aktivitas Sehari-hari
Akan sangat berbeda melihat orang yang penuh dengan aktivitas dengan orang yang hanya seharian duduk atau tiduran saja. Coba lihat saja tubuh yang aktiv akan lebih segar dan kuat dibanding tubuh yang kurang beraktivitas akan terlihat lebih loyo. Kurangnya aktivitas akan meningkatkan LDL (Kolesterol Jahat) dan mengurangi HDL (Kolesterol Baik) tentu sangat berbahaya buat tubuh.

4. Umur dan Jenis Kelamin
Setelah anda berumur lebih dari 20 an, secara alami kolesterol akan cenderung meningkat. Pada pria kenaikan akan berhenti dan tetap pada usia 50 an. Untuk wanita kadar kolesterol akan tetap rendah sampai dengan menopouse lalu kemudian naik hingga level yang hampir sama dengan pria.

5. Kesehatan Secara Keseluruhan
Jangan abaikan history kesehatan anda, selalu ingat apa yang menjadi pantangan dalam menjaga kesehatan anda. Jangan lewatkan pemeriksaan fisik tahunan anda. Memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes atau hipotiroidisme, dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

6. Ingat Sejarah Keluarga Anda
Dengan mengetahui sejarah keluarga anda, apakah nenek moyang keluarga anda memiliki masalah kesehatan tertentu seperti darah tinggi atau penyakit jantung. Atau Saudara anda. Dan jika dari keluarga anda memiliki kolesterol tinggi, kemungkinan anda memiliki bisa saja terjadi.

7. Rokok dan Alkohol
Rokok menjadi hal yang serius sekarang ini selain karena kandung zat didalamnya juga karena berbagai penyakit yang timbul akibat merokok. Begitu juga alkohol, selain membuat anda pusing dan mabuk bisa juga membuat anda ketagihan. Dengan merokok atau minum alkohol bisa menurunkan kolesterol baik dalam tubuh anda.

So, sebaiknya dari sekarang kita mulai jaga tubuh kita, dengan menjaga tubuh kita berarti kita mensyukuri apa yang diberikan oleh Yang Kuasa.

1 Response to "7 Penyebab Tingginya Kolesterol"

  1. Makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan.
    Termasuk Dus Makanan nya juga.

    ReplyDelete