--> Skip to main content

Cara Agar Bisa Menendang Dengan Kaki Kiri

cara menendang dengan kaki kiri
Menendang bola bagi anda yang bukan kidal alias right foot, menggunakan kaki lebih mudah dan nyaman untuk menendang. Namun apa jadinya kalau tidak pernah menendang bola dengan kaki kiri, lalu disuruh menendang dengan kaki kiri, tentu sangat sulit bagi yang bukan kidal. Pengalaman saya dulu waktu SMP begitu susah menendang bola dengan kaki kiri, padahal jika melihat di tv atau pertandingan antar klub besar di Indonesia, sepertinya gampang-gampang saja dengan kaki kanan atau kiri. Keuntungannya jika bisa leluasa dengan kaki kanan atau kaki kiri, lawan akan sulit menahan laju kita, juga kita akan dengan mudah mengoper atau shooting ke arah gawang.

Cara Agar Bisa Menendang Dengan Kaki Kiri adalah hanya dengan latihan, latihan dan latihan. Berawal dari hal yang dibiasakan, lama kelamaan akan menjadi hal yang biasa. Seperti juga kaki kiri yang tadinya kaku dan sulit menendang, jika dibiasakan akan menjadi lebih fleksibel. Berlatihlah di depan tembok sehingga tembok seolah-olah menjadi lawan anda. Dengan menendang ke arah tembok bola akan memantul kembali ke arah anda. Pertama dengan kaki kanan, kemudian tirulah tendangan kaki kanan tersebut pada kaki kiri mulai dari arah kaki saat menendang, bagian kaki saat menendang, bagian bola yang akan ditendang. Untuk tendangan mendatar kalau dalam bahasa jawa Banyumas disebut "tleser" tentu bagian tengah bola atau atas bola. Ulangi dan ulangi terus sampai kaki kiri benar-benar telah terbiasa. Setelah bisa menendang bola dengan kaki kiri atau left foot, anda juga harus melatih dalam mengarahkan bola. Caranya sangat mudah dengan memanfaatkan media botol bekas minuman. Letakan di sembarang tempat, kemudian arahkan tendangan kaki kiri ke botol.  Pertama dari jarak dekat, kemudian semakin jauh, jauh dan jauh lagi. Untuk tendangan mendatar dapat dilakukan di ruangan yang tidak terlalu luas.

Untuk tendangan lambung dapat dilakukan dilapangan bola atau lapangan futsal. Letakkan bola di luar kotak penalti, kemudian arahkan bola ke gawang secara lambung dengan kaki kanan. Lah, kemudian ikuti cara menendang kaki kanan pada kaki kiri yaitu tendanglah pada bagian bawah bola, sehingga bola akan melambung. Untuk melatih ketepatan dalam tendangan lambung dengan mengarahkan pada tiang gawang.

Intinya untuk bisa menendang dengan kaki yang bukan kaki utama kita dengan latihan yang terus menerus.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar