Cara Perpanjang SIM C di Satlantas Polres Banyumas

Mempunyai SIM wajib hukumnya bagi yang mau berkendara baik itu sepeda motor maupun kendaraan beroda empat atau lebih. Di Indonesia kalau tidak salah minimal sudah mempunyai KTP dan berumur 17 tahun serta sudah bisa mengendari kendaraan bermotor. Jadi kalau ada anak SMP bawa motor atau mobil, sudah bisa dipastikan tidak mempunyai SIM. Makanya banyak kan anak-anak SMP bawa motor terus ugal-ugalan. 

SIM singkatan dari Surat Izin Menikah, eh ini buat yang pengin menikah. Kalo yang buat berkendara, SIM kepanjangan dari Surat Izin Mengemudi. Mempunyai masa berlaku hanya 5 (lima tahun). Dihitung berdasarkan tanggal kelahiran.

Kebetulan baru beberapa hari yang lalu, saya sadar setelah membeli tiket kereta ternyata lupa tidak membawa KTP sehingga untuk penulisan identitas di aplikasi pemesanan tiket digunakanlah SIM saya. Dari situ ternyata ketahuan sisa masa berlaku SIM saya kurang dari satu minggu lagi, tinggal menunggu hari saja. Langsung besoknya saya datang ke Polres Purwokerto untuk memperpanjang SIM. Itu letaknya yang di depan SMA 1 Purwokerto, deket tugu.

Ini nih yang perlu diperhatikan untuk pembaca yang mau memperpanjang SIM, ini Cara Perpanjang SIM di Polres Purwokerto.

1. Siapkan Persyaratannya
Persyaratannya perpanjangan SIM yaitu:
a. Fotokopi KTP yang masih berlaku cukup 1 lembar saja
b. Fotokopi SIM yang mau diperpanjang, satu lembar saja
c. Bolpoint bawa dari rumah.
d. Map biru untuk motor dan map merah.

2. Siapkan biaya

II. GOLONGAN SIM PERPANJANGAN:
SIM C
75.000
SIM D
30.000
SIM A
80.000
SIM A UMUM
80.000
SIM BI
80.000
SIM BI UMUM
80.000
SIM BII
80.000
SIM BII UMUM
80.000

Untuk tes kesehatan Rp 20.000,00
Kemarin saya perpanjang SIM C, jadi biaya yang keluarkan cukup Rp 95.000,00 saja.
Buat fotokopi dan map sebaiknya disiapkan dulu dari rumah, daripada harus fotokopi disana, langsung dikasih biaya Rp 6000,00 (1 lembar fotokopi ktp, fotokopi sim, 1 buah plastik sim, map dan bolpoin) padahal kalau dihitung-hitung paling tidak sampai 2 ribu.,

Untuk tes kesehatan di poliklinik ada dideket pintu keluar terus ke kanan, jalan kaki saja. Disitu ada petugas yang mengetes/ menulis.

Satu lagi Cara Perpanjangan SIM agar cepat, sebaiknya datang pagi-pagi, karena pengurusan SIM setiap harinya pasti berjubel dan mengantri. Dengan datang lebih pagi, proses perpanjangan SIM akan lebih cepat dilayani. Juga jangan menunggu sesuai dengan tanggal lahir, sebaiknya jauh-jauh hari sebelum tanggal kelahiran, pokoknya kalau ingat langsung saja diproses.

Info penting lainnya untuk yang mau memperpanjang SIM, Budayakan hidup bersih tanpa calo.

2 Responses to "Cara Perpanjang SIM C di Satlantas Polres Banyumas"

  1. alhamdulillah
    tambah mudah mengurus SIM online sendiri
    terima kasih banyak infonya

    ReplyDelete
  2. Sayang sekali di jogja sim online untuk purwokerto blm ada...sya dpt info dri polresta jogja bahwa perpanjangan sim bsa online..wah sng skali sya...sya sante aja naah giliran tnggal beberapa hari lagi sya perpanjang sim di jogja.terynyata purwokerto belom kedaftr di onlin samsat jogja.mdn bru beberapa daerah tertntu itupunbbru papua sma makasar..eaaah...trpksa sya pulang di bulan puasa...hemmm gpp seh wt pngalaman sja...

    ReplyDelete