--> Skip to main content

Katalis Skala Atom Dapat Menghasilkan Hidrogen Murah

atomic catalist
Hidrogen mempunyai potensi besar sebagai sumber energi, tetapi produksi hidrogen dari air elektrolisis yaitu memisahkan hidrogen dari air menggunakan listrik, saat ini sebagian besar bergantung pada penggunaan katalis platinum yang mahal. Penelitian baru menunjukkan bahwa film tipis atom MoS2 juga katalis yang efektif untuk produksi hidrogen dan sementara tidak seefisien platinum namun relatif murah.Peneliti dari North Carolina State University  mengemukakan "Kami menemukan bahwa ketebalan film tipis sangat penting, " kata Dr Linyou Cao , asisten profesor ilmu dan teknik material di NC State dan penulis senior.

Sebuah film tipis yang terdiri dari satu lapisan atom adalah yang paling efisien, dengan setiap tambahan lapisan atom membuat kinerja katalitik sekitar lima kali lebih buruk. "Pengaruh ketebalan film tipis datang sebagai kejutan bagi para peneliti, karena mereka telah lama berpikir bahwa katalis biasanya terjadi di sepanjang tepi materi. Karena film tipis memiliki sedikit  tepi, pengetahuan konvensioan menyatakan bahwa film tipis pada dasarnya katalis tidak aktif .Tetapi para peneliti menemukan bahwa ketebalan material adalah penting karena tipisnya lapisan tipis MoS2, menjadi semakin konduktif, semakin efektif sebagai katalis.

"Fokusnya telah menciptakan katalis dengan tepi sisi yang besar, " kata Cao. " Pekerjaan kami menunjukkan bahwa para peneliti mungkin ingin lebih memperhatikan konduktivitas katalis itu . "Cao mengembangkan teknik untuk membuat MoS2 film tipis berkualitas tinggi pada skala atom di tahun 2013. Saat ini produksi hidrogen dari film tipis atom ini dengan energi listrik. Timnya bekerja untuk mengembangkan perangkat bertenaga surya dengan pemisahan air yang menggunakan film tipis MoS2 untuk membuat hidrogen.

Sumber: www.chemistrytimes.com

Hidrogen adalah unsur yang sangat berharga dalam kehidupan. Berbagai hal bisa dilakukan karena adanya hidrogen. Jika di alam hidrogen susah diperoleh, maka dengan suatu alat, bisa menghasilkan hidrogen murah, pasti kebutuhan akan hidrogen untuk berbagai hal bisa dengan mudah dipenuhi. Penelitian mengenai kimia sangat penting dilakukan agar tercipta berbagai penemuan terbaru yang berguna bagi kehidupan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar