Tanda Kesehatan Dari Warna Urine

tabel warna urine
Urine adalah cairan sisa metabolisme tubuh yang disekresikan oleh ginjal dan dikeluarkan melalui proses urinasi. Urine atau air seni atau air kencing memiliki warna dan bau yang khas hal ini dikarenakan kandungan asam ureat, amoniak, dan zat empedu yang ada di dalamnya. Namun apakah kita sering memperhatikan, ada kalanya warna urine, bau dan juga kepekatan berubah misalnya menjadi lebih kuning pekat atau menjadi lebih jernih. Apakah sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut dan memiliki tanda apa untuk kesehatan?

Seperti yang dijelaskan www.webmd.com, melalui urine, makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi seseorang dapat diketahui, begitu juga dengan adanya penyakit ditubuh orang tersebut. Urine dan Urinalisis ternyata telah menjadi salah satu cara dokter untuk memprediksi suatu penyakit, seperti yang diungkapkan oleh Tomas Griebling, MD, MPH, Wakil Ketua Departemen Urologi Universitas Kansas. Menurutnya, dari pandangan sejarah, urinalisis telah menjadi jendela untuk mengetahui apa yang terjadi pada tubuh, hal tersebut dikarenakan banyak zat yang beredar dalam tubuh Anda, termasuk bakteri, jamur/ ragi, kelebihan protein dan gula, akhirnya membuat jalan mereka ke dalam urin.

Urin menjadi bagian penting dalam proses pembuangan zat-zat yang tidak digunakan tubuh. Urin yang ada terutama untuk membuang racun atau hal-hal yang lain akan membangun dalam tubuh yang akan berakibat buruk bagi tubuh.

Ketika Anda memperhatikan bahwa urin telah berubah warna dan bau dari toilet, penyebabnya mungkin sesuatu yang berbahaya yang Anda santap ketika makan. Hal ini mungkin juga menjadi tanda kondisi kesehatan yang serius seperti adanya infeksi dan juga kanker.

Perubahan Warna Urine 
Perubahan warna urine berasal dari pigmen yang disebut dengan urochrome. Warna biasanya bervariasi mulai dari kuning pucat hingga kuning gelap, tergantung pada konsentrasi urine.

Warna urine yang gelap menjadi tanda kurangnya jumlah minum Anda. Tubuh bergantung pada jumlah cairan yang ada untuk melakukan fungsinya, sehingga tubuh akan menggunakan cairan yang ada saja, oleh karenanya urine menjadi sangat kuat dan terkonsentrasi.

Sebaliknya, jika urin Anda sangat pucat, itu berarti bahwa Anda baik minum banyak cairan, atau Anda mengambil diuretik, obat yang memaksa tubuh untuk menyingkirkan kelebihan air.
 
Urine dapat mengubah warna pelangi, dan warna yang tidak biasa belum tentu menyebabkan untuk alarm. Obat-obat tertentu dapat mengubah urine fluorescent hijau atau biru, wortel bisa mewarnai itu oranye, vitamin dapat memberikan rona kuning, dan penyakit bawaan yang disebut porfiria dapat menaungi warna port wine

Jika anda melihat warna merah biasanya tanda bahwa ada darah dalam urin, tapi sebelum Anda panik, anda harus tahu bahwa sedikit darah dapat menghasilkan perubahan warna yang dramatis. 

Dengan sedikit darah dalam urin dapat menjadi tanda sesuatu yang serius, seperti infeksi atau kanker, dan dan berkunjunglah ke dokter atau urolog.

0 Response to "Tanda Kesehatan Dari Warna Urine"

Post a Comment