Mouthwash Dapat Menyebabkan Serangan Jantung

Mouthwash Dapat Menyebabkan Serangan Jantung
Beberapa hal yang bisa mempunyai orang percaya diri salah satunya adalah aroma segar dan harum yang keluar dari mulutnya. Dengan cara menggosok gigi dan juga berkumur dengan cairan pencuci mulut bisa menghilangkan kotoran yang ada di mulut dan bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan mulut berbau dan juga bakteri yang dapat menimbulkan plak dan ginggivitis.

Sebuah studi yang dilakukan di Swedia, meneliti 19 orang sehat dan berkumur dengan cairan pencuci mulut (mouthwash) dua kali sehari dalam seminggu. Peneliti menemukan fakta bahwa tekanan darah mereka meningkat 2 to 3.5 mm Hg, dan timbul benjolan serta jika dibiarkan saja bisa beresiko terkena serangan jantung sebesar 7%.

Cairan antiseptik pencuci mulut mengandung agen anti bakteri yang membunuh bakteri mulut, untuk mengurangi bakteri penyebab plak dan ginggivitis. Tetapi beberapa bakteri mulut ternyata baik dan membantu proses pembentukan nitrit, yaitu diubah menjadi nitrit oxida, suatu zat yang membantu melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah. Pada studi tersebut, cairan mouthwash mengurangi produksi nitrit sebanyak 90% dan level nitrit di mulut sebanyak 25%.


Studi tersebut menggunakan cairan pencuci mulut tertentu yang mengandung chlorhexidine. Di Amerika Serikat pencuci mulut yang mengandung chlorhexidine biasanya diresepkan oleh dokter gigi. Namun cairan mouthwash yang dijual bebas biasanya tidak mengandung chlorhexidine, dan ini belum begitu jelas apakah zat-zat lain tersebut tidak mempunyai efek yang sama dengan chlorhexidine.

Jadi, dari penelitian tersebut, kita tidak perlu menghindar dari cairan antiseptik pencuci mulut. Berdasarkan catatan kesehatan mulut anda sendiri resiko gigi berlubang dan penyakit gusi, dokter gigi bisa memberikan saran kepada anda untuk pemeriksaan rutin. Tetapi jika gangguan pernafasan adalah masalah anda, menggunakan mouthwash yang alami atau hanya menggunakan penyegar mulut saja yang tidak menghilangkan bakteri.

Dan ingat juga, mencuci mulut selama 2 menit, 2 kali sehari dan membersihkan plak diantara mulut, masih menjadi cara terbaik untuk menjaga kebersihan mulut.

0 Response to "Mouthwash Dapat Menyebabkan Serangan Jantung"

Post a Comment