5 Penjaga Gawang Yang Berhasil Mencetak Gol

Dalam sebuah pertandingan sepakbola lazimnya seorang pencetak gol adalah pemain yang berposisi sebagai striker. Namun di beberapa pertandingan resmi ternyata penjaga gawang yang biasanya hanya berada dibawah mistar, ternyata mampu mencetak gol dan membawa keuntungan buat timnya. Siapa sajakah mereka ke 5 Penjaga Gawang yang Berhasil Mencetak Gol

1. Paul Robinson
Gol yang tidak disangka-sangka ketika berlangsung pertandingan antara Leed United yang saat itu berada di divisi Utama Liga Inggris melawan Swindon Town dari Divisi Dua Liga Inggris pada tahun 2003. Saat babak kedua sudah memasuki masa injury time, Leed tertinggal 2-1 atas Swindon Town dan terancam tersingkir dari babak knock out Piala Carling. Tapi tanpa disangka ketika terjadi tendangan penjuru untuk Leeds, Paul Robinson maju dan berhasil menanduk bola yang mengarahkan kepadanya dan bolapun langsung menembus gawang Swindon Town, kedudukan menjadi 2 sama sehingga pertandingan terpaksa dilanjutkan dengan tambahan waktu. Namun tambahan waktu ternyata tidak juga merubah kedudukan. Akhinya drama adu penalti pun dilakukan untuk menentukan siapa yang berhak maju ke babak selanjutnya. Lagi-lagi penyelamatan Paul Robinson terhadap beberapa tendangan menjadikan Leeds United bisa melangkah ke fase berikutnya.

2. Claudio Bravo
gol claudio bravo
Claudio Bravo adalah penjaga gawang Real Sociedad dan timnas Chile. Dia berhasil mencetak gol kala Real Sociedad berhadapan dengan Gymnastic di tahun 2010. Dengan tendangan supernya Claudio Bravo mengeksekusi tendangan bebas di luar kotak penalti lawan yang akhirnya berbuah gol. Gol tersebut adalah gol pertama dipertandingan resmi dan berkat golnya itu dia dihubung-hubungkan dengan dua raksasa Spanyol yaitu Real Madrid dan Barcelona.

3. Rogerio Ceni
gol rogerio ceni
Rogeria Ceni adalah salah satu penjaga gawang yang sangat fenomenal, hingga karirnya berakhir dia berhasil melesakkan gol ke gawang lawan sebanyak 112 gol. Satu gol yang cukup spesial untuk pemain asal Brazil ini adalah saat menciptkan gol yang ke 100 dalam karirnya. Gol ke 100 nya berawal dari pelanggaran terhadap rekan setimnya Sao Paolo yang saat itu sedang melawan musuh bebuyutan di liga Brazil Corinthians tahun 2011. Gol diciptakan melalui tendangan bebas terukur dari jarak 23 meter ke gawang. Hingga saat ini di umurnya yang sudah 41 tahun, belum ada keinginan untuk gantung sepatu alias pensiun.

4. Peter Schmeichel
gol peter schmeichel
Satu lagi penjaga gawang yang punya nama besar karena sudah memenangi berbagai trofi bergengsi termasuk Piala Champion bersama Manchaster United. Namun gol yang diciptakan penjaga gawang satu ini ketika sudah berkostum Aston Villa. Proses eksekusi gol layaknya seorang striker, Peter Schmeichel maju ke depan gawang lawan ketika mendapat kesempatan tembakan penjuru dan saat timnya sudah tertinggal 3-2 atas Everton tahun 2001. Tanpa disangka bola memantul ke arahnya dan dengan sebuah tembakan voli bola melaju deras ke gawang Everton.

5. Jose Luis Chilavert
gol jose luis chilavert
Penjaga gawang tim nasional Paraguay ini adalah salah penjaga gawang yang lihai dalam eksekusi bola-bola mati baik penalti maupun tendangan bebas. Salah satunya adalah ketika kualifikasi Piala Dunia tahun 2002, yang mempertemukan Paraguay dengan Bolivia. Melalui tendangan bebas menggunakan kaki kirinya Chilavert berhasil memperdaya kiper Bolivia dan bola pun masuk ke gawang Bolivia. Di akhir pertandingan Paraguay menang 5-1 atas Bolivia.

0 Response to "5 Penjaga Gawang Yang Berhasil Mencetak Gol"

Post a Comment