Manfaat Teh Untuk Kesehatan, Mau Tahu?

Teh, salah satu minuman yang sudah sangat dikenal di Indonesia. Asalnya dari China, Konon dahulu ada seorang bangsawan di China yang akan meminum secangkir minuman hangat. Karena minumnya diluar ruangan, tanpa sengaja dan tanpa sepengatuan bangsawan China itu, ada daun kering yang jatuh di cangkir minuman yang masih panas tersebut. Namun bangsawan itu tidak menyadari jika didalam cangkirnya ternyata ada daun kering yang entah dari mana datangnya. Glek glek bangsawan itu meminumnya dan apa yang terjadi? Bangsawan itu terheran-heran, rasa minumannya tidak seperti biasanya, lebih enak dan nikmat. Dan bangsawan itupun tahu jika didalam cangkir minumannya terdapat sepotong daun kering dan warna airnya sudah berubah menjadi coklat kekuningan. Akhirnya bangsawan itu memerintahkan pengawalnya untuk mencari daun apa gerangan yang jatuh didalam minumannya itu dan ketahuan juga, daun itu adalah daun teh.

Selain rasa yang nikmat, dahulu minum teh juga menjadi lambang kebangsawanan seseorang. Namun kini teh telah menjadi milik semua orang. Teh bukan hanya dinikmati sebagai minuman saja, bisa untuk wisata perkebunan, untuk pendidikan (digunakan untuk penelitian), untuk dijual dalam kemasan dan lain lain. Itu baru beberapa manfaat teh. Salah satu yang menjadi sorotan di abad millenium ini adalah manfaat teh untuk kesehatan. Berbagai penelitian menunjukan banyak sekali manfaat teh.

Manfaat teh untuk kesehatan diantaranya adalah:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke
Manfaat teh untuk mengurangi jantung dan stroke karena didalam satu cangkir teh terdapat vitamin E, fungsinya menjaga kesehatan jantung. Alasan lain kenapa bisa mengurangi penyakit jantung dan stroke, sebab teh mengandung antioksidan yang berlimpah. Kandungan antioksidan tersebut lebih banyak terdapat pada teh hijau, teh hitam dan teh putih.

2. Mencegah Timbulnya Penyakit Kanker
Penyakit kanker, baik itu kanker prostat, payudara, paru-paru atau juga kulit adalah salah satu penyakit mematikan yang ada sekarang ini. Penelitian dan penemuan menunjukan timbulnya kanker bisa dicegah dengan mengkonsumsi teh secara rutin. Hal ini dikarenakan, di dalam minuman teh terdapat senyawa alami yang bernama polyphenol. Polyphenol mencegah tumbuhnya kanker dalam tubuh.

3. Meningkatkan Metabolisme dan Menurunkan Berat Badan
Minum teh hijau, oolong, dan teh putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme dalam tubuh, timbunan lemak juga dapat dikurangi sehingga dapat menurunkan berat badan.

4. Menguatkan Tulang
Senyawa polyphenol selain untuk pencegahan kanker, juga berguna untuk menguatkan tulang. Dengan tulang yang kuat maka risiko keretakan tulang dapat dikurangi.

5. Meingikatkan Mood dan Konsentrasi
Minum teh di pagi hari memberikan kesegaran dalam tubuh. Sehingga mood untuk melakukan berbagai aktivitasi akan meningkat. Bekerja pun menjadi semangat. Selain itu, dengan meminum teh pikiran akan tetap fokus dan konsentrasi akan terjaga. Pekerjaan pun akan terselesaikan segera.

Tidak masalah koq minum, selain menyegarkan juga menyehatkan. Rutinlah minum teh, tapi tetap menjaga agar tidak terlalu banyak gula untuk pemanisnya agar manfaat teh tetap ada.

0 Response to "Manfaat Teh Untuk Kesehatan, Mau Tahu?"

Post a Comment