Tips Agar Modem Awet Terus

tips agar modem awet
Tips Agar Modem Awet Terus Bagi sobat semua yang suka berselancar di internet, modem adalah salah satu peralatan yang wajib dimiliki selain komputer tentunya. Walaupun sekarang telah ada smartphone, namun keberadaan modem tetap saja penting. Modem singkatan dari modulator demodulator yaitu alat yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan juga sebaliknya. Bentuk modem sekarang lebih simpel dan kecil menyerupai flashdisk, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Penggunaannya pun mudah tinggal dicolok saja port usb di laptop atau komputer.

Beragam pilihan jenis modem ada, baik itu gsm dan cdma, tinggal sesuaikan saja dengan selera dan juga koneksi internet ditempat masing-masing. Nah, supaya aktivitas berinternet kita tetap lancar, tentu periperal baik komputer atau laptop dan modem juga harus dijaga agar tetap awet. Rugi dong, jika sedang asik-asiknya browsing tiba modem rusak, gagal deh browsingnya. Apalagi kalo sobat itu seorang pebisnis online, bisa rugi ratusan ribu bahkan jutaan. Oleh karena itu yuk simak ketahui sebentar tips agar modem awet terus dan tidak gampang rusak.

1. Baca Petunjuk Penggunaan
Ketika pertama kali membeli, sebaiknya baca petunjuk penggunaannya biar lebih afdhol dan tahu hal-hal yang mesti dilakukan.

2. Pasang Modem Hati-Hati
Kehatian-hatian bukan hanya ketika mau menyeberang jalan, untuk memasang modempun harus berhati-hati jangan grasa grusu atau tergesa-gesa. Pelan-pelan saja, tahu kan modem sekarang seperti flashdisk, rentan patah apalagi kalau ketabrak atau kesenggol tangan atau kejatuhan barang waktu modem terpasang, bisa-bisa patah. 

3. Atur Waktu Penggunaan Modem
Seperti halnya mesin, modem jika digunakan secara terus menerus tanpa istirahat akan mengakibatkan panas berlebih. Beri sedikit waktu agar modem beristirahat, biar komponennya tidak cepat aus. Modem istirahat yang punya juga istirahat.hehehe.

4. Simpan Ditempatnya
Biasanya kalau barang yang kecil, menyimpannya bisa dimana-mana. Asal lempar saja. Wah bahaya kalau kaya gitu, cepat rusak nanti. Makanya jaga tutup modem agar tidak hilang, bisa juga disimpan di tempat pensil atau kotak lain agar lebih aman.

5. Hindarkan dari Air
Kalau punya modem walaupun kotornya kaya apa, jangan dicuci apalagi dibilas, bisa-bisa tewas modemnya. Tahu kan air, listrik aja bisa nyetrum kalau di air, modem kena air, sudah pasti konslet. Makanya hindarkan modem dari barang-barang yang bersifat cair dan basah.

6. Cabut Modem Setelah Disconnect
Ini yang sering lupa, apalagi kalau lagi terburu-buru. Ingat, disconnect terlebih dahulu modem sebelum mencabutnya.

0 Response to "Tips Agar Modem Awet Terus"

Post a Comment