Alternatif Selain Windows XP

Efek yang terjadi dengan akan dimatikannya Windows XP untuk para pengguna komputer baik komputer dekstop maupun laptop tentu harus mencari alternatif lain selain Windows XP. Namun jika masih mau menggunakan setelah tanggal efektif Windows XP Shutdown yaitu tanggal 8 April 2014, pengguna Windows XP harus ekstra waspada dan hati-hati dengan ancaman dari dunia. Bukan untuk menakut-nakuti namun itu adalah sebuah kenyataan dengan dihentikannya update patch sistem dan keamanan Windows XP menjadikan sistem operasi tersebut menjadi lebih rentan terinfeksi virus, malware dan lain-lain. 
 
Kita tahu sendiri menggunakan Windows XP tidaklah harus menggunakan spesifikasi komputer yang terbilang tinggi, dengan kecepatan Prosessor yang biasa dan RAM yang tidak terlalu besar pun masih bisa berjalan dengan optimal. Untuk itu beberapa alternatif berikut bisa dipertimbangan sebagai pengganti Windows XP yang sebentar lagi akan dimatikan

1. Tetap dengan Windows XP
Alternatif pertama dengan mempertahankan sistem operasi yang ada yaitu Windows XP namun harus dengan resiko yang cukup besar dengan hilangnya data jika ternyata sampai terinfeksi virus.

2. Mengganti dengan Windows Terbaru
Menggunakan Windows 7 atau Windows 8 yang sekarang sudah populer dan tentu saja adanya dukungan dari si pembuatnya Microsoft. Namun mengingat kebutuhan sistem yang lebih besar, pasti akan membutuhkan spesifikasi teknis hardware yang lebih tinggi pula. Bisa dengan membeli komputer baru atau dengan mengupgrade hardware dengan yang lebih tinggi. Lagi-lagi tetap membutuhkan dana lebih untuk melakukan hal ini.

3. Mengganti dengan OS lain
Alternatif selanjutnya dengan mengganti ke sistem operasi lain seperti linux. Linux merupakan sistem operasi yang berbasis open source dan merupakan sistem operasi gratis. Jika linux menjadi pilihan berarti harus mempelajari lebih lanjut tentang linux. Tidak perlu khawatir karena di internet banyak sekali tutorial tentang linux.

Mungkin dari 3 alternatif tersebut bisa menjadi pilihan apakah akah tetap mempertahankan Windows XP atau menggantinya dengan Windows versi terbaru maupun dengan OS lain, semua terserah anda.

0 Response to "Alternatif Selain Windows XP"

Post a Comment