--> Skip to main content

Ukuran Lapangan Futsal Resmi Terbaru Saat Ini

ukuran lapangan futsal terbaru
Mau tahu ukuran lapangan futsal? Simak dulu beberapa hal berikut. Lapangan futsal berbentuk persegi panjang, bukan bujur sangkar. Bahan dasar lapangan futsal sesuai dengan standar adalah terbuat dari kayu yang telah dihaluskan dan juga kuat. Bisa juga dari bahan artifisial/ buatan seperti rumput buatan, atau bahan lain dengan bentuk permukaan yang sama. Atau juga Bahan lain yang datar dan halus serta tidak bersifat abrasif/ kasar. Walaupun kuat namun kasar tentu saja akan membahayan pemain futsal itu sendiri. Bahan abrasif seperti aspal, beton yang kasar, kayu yang belum dihaluskan. 

Ukuran Lapangan:
Ukuran Lapangan Futsal Antara Standar Internasional dan Nasional sedikit berbeda:

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional:
Panjang : Minimal      38 m
               Maksimal   42 m
Lebar    : Minimal      18 m
               Maksimal   22 m

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional:
Panjang : Minimal      25 m
               Maksimal   42 m
Lebar    : Minimal      15 m
               Maksimal   25 m

Garis dan Tanda
Garis lapangan adalah garis yang berada dilapangan baik itu yang berada disamping maupun yang berada di dalam lapangan. Biasanya berwarna putih agar dapat terlihat secara jelas baik oleh pemain maupun juga oleh wasit. Lebar garis lapangan futsal adalah 8 (delapan) cm. Garis yang berada disamping lapangan disebut dengan garis gawang atau (touched line). Garis yang ada gawangnya disebut garis gawang (goal line).Sementara garis yang berada tepat ditengah lapangan antara gawang satu dan lainnya membagi lapangan menjadi 2 bagian yang sama. Tepat di tengah lapangan ditandai dengan titik yang dikelilingi oleh lingkaran dengan radius 3 m.

Area Penalti
Berbeda dengan sepakbola yang memiliki bentuk kotak penalti persegi panjang. Wilayah kotak penalti pada lapangan futsal memiliki bentuk seperti setengah lingkaran. Dengan radius 6 m dari masing-masing tiang gawang ditarik garis seperempat lingkaran dan dihubungkan dengan garis lurus menghubungkan ujung seperempat lingkaran tadi. Titik penalti pertama ditarik dari tengah gawang sepanjang 6 meter sedangkan titik penalti kedua berada di luar kotak penalti berjarak 10 meter dari titik tengah tiang gawang.

Area Sepak Pojok
Di setiap sudut pada lapangan futsal juga sama dengan sepakbola, terdapat titik untuk melakukan tendangan sudut. Penandanya adalah garis putih berbentuk seperempat lingkaran dengan panjang jari-jari 25 cm yang ditarik dari tiap sudutnya.

Gawang
Ukuran gawang panjang 3 meter dan tingginya 2 meter dan bagian atas dihubungkan oleh tiang horisontal.
ukuran gawang futsal

Tempat Pemain Pengganti
Salah satu hal yang seharusnya dipenuhi dan menjadi standar lapangan futsal adalah adanya tempat pemain pengganti agar memudahkan pergantian pemain. Letaknya disamping lapangan, bukan di belakang gawang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar