Ini Dia Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Buah Mengkudu, salah satu buah asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Saya tahu manfaat buah mengkudu karena dulu Bapak saya sering sekali mengkonsumsi buah mengkudu. Karena saking seringnya sampai-sampai disamping rumah ditanamlah pohon mengkudu, namun sekarang sudah hilang karena terlanjur ditebang, duh sayang sekali. Hati-hati kalau menaman pohon mengkudu, ulatnya gede-gede lho..hahaha

Buah mengkudu banyak ditemukan di Indonesia karena mengkudu memang tumbuhan tropis. Kalau ditempat saya namanya Buah Pace, kalau dalam bahasa inggris, Noni Fruit. Ada juga yang menyebut kudu, kemudu, cangkudu kalo di sunda, kodhuk di madura, bali namanya tibah, kalau ditempat lain kurang tahu deh.

manfaat buah mengkudu
Bentuknya seperti gambar disamping. Pohonnya biasanya kecil, kalau yang pohonnya besar saya sih belum pernah lihat. Ukuran daun mengkudu cukup lebar, mungkin hampir seukuran dengan daun jati.

Mau tahu rasa mengkudu? Pahit tapi jika dibandingkan dengan daun pepaya masih lebih pahit daun pepaya. Aroma mengkudu sangat khas, apalagi jika direbus atau dikukus, siap-siap saja buat menutup hidung.

Seperti yang sudah diceritakan di atas, bapak saya mengkonsumsi mengkudu karena mempunyai penyakit darah tinggi. Caranya dengan merebus, kemudian setelah direbus buahnya dimakan.

Selain berguna untuk mengobati penyakit darah tinggi, mengkudu juga bermanfaat untuk pengobatan berbagai penyakit lain. Selain sebagai bahan obat juga dapat digunakan untuk sayuran dan dapat diolah menjadi jus.

Beberapa manfaat buah mengkudu adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan Kolesterol
Jika diantara sobat ada yang mempunyai kolesterol tinggi, patut diwaspadai karena timbulnya penyakit seperti penyakit jantung bisa disebabkan karena kolesterol tinggi. Namun tidak perlu khawatir jika sudah terlanjur mempunyai kolesterol tinggi karena manfaat buah mengkudu diantaranya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu penelitian yang telah dilakukan adalah oleh peneliti dari University of Illinois Amerika menemukan bahwa dari 132 orang perokok berat diujicobakan dengan meminum jus mengkudu selama sebulan. Perokok berat dipilih karena lebih beresiko terkena kolesterol tinggi daripada yang bukan perokok. Hasil penelitian menunjukan dari 29 sampai dengan 188 mm jus mengkudu yang diminum, mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kadar HDL dalam darah. HDL (High Density Cholesterol) adalah salah satu kolesterol yang baik.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah
Manfaat buah mengkudu lainnya adalah menurunkan kadar gula darah. Gula darah biasa disebut dengan glukosa, walaupun ada yang lainnya seperti fruktosa dan galaktosa namun yang diatur oleh insulin dan peptin adalah glukosa. Diabetes melistus adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh tubuh yang tidak dapat mengatur kadar gula dalam darah. Akibatnya gula darah menjadi terlalu tinggi. Salah satu penelitian dengan hasil yang sangat menjanjikan dilakukan di University of West Indies dengan meneliti kadar glukosa pada hewan. Hasil penemuan menunjukan bahwa baik menggunakan mengkudu maupun obat penurun kadar glukosa mempunyai hasil yang sama efektifnya. Hasil penelian tersebut telah dipublikasikan tahun 2010 pada jurnal "Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine". Oleh karena sangat baik jika pengobatan penyakit diabetes dengan memanfaatkan buah mengkudu.

3. Mengatasi Kanker
Mengkudu mengandung antioksidan yang salah satu manfaatnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan tumor. Zat damnachantal yang terkandung didalam mengkudu memiliki khasiat untuk memperlambat dan melawan perkembangan sel K-ras-NRK, yaitu sel prakanker. Zat antikanker dalam buah mengkudu ditemukan oleh empat ilmuwan Jepang yang pada saat itu sedang mencari zat-zat yang dapat merangsang pertumbuhan struktur normal di dalam sel-sel abnormal (sel prakanker) pada 500 jenis ekstrak tumbuhan. Dan ditemukan bahwa ekstrak buah mengkudu yang paling efektif melawan sel-sel abnormal

Menurut Dr. Judah Folkman dari Hardvard University, mengkudu bekerja sinergis dengan mikronutrien lain dalam menghambat aliran darah yang menuju sel-sel tumor. Berdasarkan penelitian di Universitas Hawaii, sari buah mengkudu dapat menghambat sel tumor dengan cara merangsang kekebalan tubuh. Senyawa kimia dalam mengkudu secara nyata dapat meningkatkan fungsi setiap sel.

Selain itu mengkudu juga memiliki khasiat antara lain:
  • meningkatkan proses penyerapan zat nutrisi
  • meningkatkan kinerja kelenjar-kelenjar tubuh
  • mengatasi kulit terbakar
  • meningkatkan kadar serotonin
  • mengurangi rasa letih
  • meningkatkan fungsi reseptor pada dinding sel
  • menormalkan siklus haid
  • menyeimbangkan kondisi hormon
  • mengurangi nyeri syaraf
  • mengurani edema dan kejang otot
  • meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan adrenal
  • menyeimbangkan sistem imunitas tubuh
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat buah mengkudu yang disebutkan, mungkin lain waktu kalau ada kesempatan akan coba diketengkan manfaat mengkudu yang lain. Sebagai informasi hingga saat ini penelitian tentang mengkudu masih saja terus dilakukan. So, kenapa mesti ga doyan mengkudu..

2 Responses to "Ini Dia Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan"

  1. ternyata banyak juga ya manfaatnya gan, tapi apakah ada efek sampingnya ?
    bagian dari blogwalking gan, nice template , salam kenal dan salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. teman saya pernah mengalami gatal gatal di wajah setelah mengkonsumsi mengkudu gan, saya gak tau apakah itu adalah salah satu efek samping bukan

      Delete