5 Cara Cepat dan Mudah Belajar Dari Internet

cara belajar dari internet
Setiap manusia harus selalu belajar agar tidak ketinggalan zaman dan menjadi orang berguna tentunya. Belajar dimulai ketika manusia lahir hingga tua atau mau meninggal sekalipun. Artinya belajar tidak kenal batasan waktu. Apakah belajar harus disekolah? Tidak harus, belajar bisa dilakukan dimana saja, kapan saja. Dapat ijazah maupun tidak dapat ijazah, yang namanya belajar tetap itu merupakan sesuatu yang berguna. Banyak jugakan orangnya tadinya putus sekolah, SD saja tidak tamat tetapi pencapaiannya melebihi mereka yang sarjana. Jadi buat sobat yang putus sekolah, jangan pernah putus asa karena belajar itu bukan hanya disekolah saja.

Untuk mempelajari sesuatu sendiri atau otodidak bisa dilakukan dengan panduan buku ataupun informasi yang ada di internet. Misal saja sobat mau mempelajari cara membuat radio. Cukup dengan membeli buku panduan cara membuat radio kemudian ikuti langkah-langkahnya. Untuk belajar dari internet, tinggal ketikkan apa yang akan sobat pelajari dari internet. Misalnya cara membuat website, ketikkan saja di search engine semisal google. Maka akan muncul ribuan bahkan jutaan website yang mengarah ke pencarian sobat.

Untuk belajar dari internet agar diperoleh cukup mudah dilakukan karena segala informasi dapat diperoleh dengan mudah. Disamping itu biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau, paling biaya koneksi internet. Namun sering dijumpai ketika mempelajari sesuatu dari internet banyak yang berhenti di tengah jalan dan akhirnya gagal. Misal saja ketika sobat mau mempelajari bahasa inggris dari internet, baru belajar satu dua bahasan sudah ditinggalkan. Oleh karena itu, beberapa tips berikut mudah-mudahan membantu sobat agar belajar dari internet menjadi lebih mudah

1. Buat Tujuan Belajar
Seperti halnya disekolah ada mata pelajaran/ kuliah yang harus dipelajari pada setiap tingkatan semester. Karena sobat belajar sendiri, tentu saja hanya sobat yang tahu apa yang ingin dipelajari. Tidak mungkin kan bertanya pada orang lain. "Hey apa sih yang akan saya pelajari dari internet?". Tetapkan tujuan apakah yang akan kita pelajari dari internet. Misalnya ingin bisa mengetik dengan 10 jari secara cepat, atau ingin membuat membuat blog yang keren.

2. Fokus Pada Apa Yang Dipelajari
Setelah menetapkan tujuan hal lain yang perlu dilakukan adalah fokus pada apa yang akan dipelajari. Misal saja sobat mau belajar bahasa Inggris, maka ketika sedang belajar bahasa Inggris buka tab dibrowser tentang bahasa inggris, tutup dulu tab-tab lainnya yang tidak berkaitan. Menurut saya malah membuka satu atau dua tab saja akan membantu menjadi lebih fokus tidak terganggu dan dikacaukan oleh tab-tab lainnya. 

3. Buatlah Jadwal
Agar belajar menjadi lebih teratur dan tidak mengganggu atau terganggu oleh sesuatu yang lain, maka dengan membuat jadwal akan lebih membantu. Untuk orang yang sudah bekerja, dan jam mulai kerja sudah ditentukan oleh perusahaan atau instansi. Belajar di pagi hari ketika belum memulai aktivitas kerja bisa dilakukan. Apalagi waktu pagi hari otak masih fresh dan energi masih banyak, pasti proses belajar akan semakin cepat.

4. Tetapkan Target
Untuk mengetahui hasil belajar dari internet yang sudah dilakukan, buatlah target. Misalnya bisa membuat satu website sederhana. Terserah sobat mau dikasih waktu atau tidak. Kalau saya sih karena belajar sendiri jadi penginnya dinikmati saja dibuat enjoy, jadi lebih asyik. Kalau ada yang berpendapat lain ya silahkan.

5. Jangan Menyerah
Kalau penyakit bosan dan menyerah ketika sedang belajar dari internet sudah mendera padahal belum ada sesuatu yang kita peroleh, pasti rugi dong. Rugi waktu, rugi biaya, rugi semangat, rugi pikiran, rugi tenaga. Supaya tidak gampang bosan dan menyerah, simpan selalu semangat untuk belajar, tidak dihabiskan semangat belajar hanya dalam satu hari, simpan dan sisakan untuk hari-hari berikutnya. Buat selingan waktu belajar agar tidak bosan, boleh loh nonton film sebentar atau ndengerin lagu kesukaan sobat.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan buat sobat, mudah-mudahan bermanfaat.

3 Responses to "5 Cara Cepat dan Mudah Belajar Dari Internet"

  1. mantab mas tipsnya :) saya juga belajar dari internet dan saya mencari semua jawaban di google :D

    btw templatenya sama ya mas kaya blog saya, hehehe :D makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  2. banyak hal yang harus dipelajari ya mas dari internet. Kunci nya memang harus tekun dan rajin belajar secara mandri, yakni rajin baca-baca berbagai informasi sehingga bisa membuat kita jadi lebih pintar dan bisa menguasai tentang internet ;)

    ReplyDelete
  3. Akhirnya bisa login lagi setelah 2 hari dikampung yg super susah sinyalnya, ternyata udah ada dua orang master mampir.. senengnya..
    @mba indri..: tahu aja nih mba Indri..hehehe kan ngikutin suhunya
    @mba wahyu..: betul sekali mba, karena yg menentukan keberhasilannya juga kita sendiri.

    Terima kasih atas kunjungannya..

    ReplyDelete