Tanda Gunung Akan Meletus

tanda gunung akan meletus
Tahu tidak Indonesia adalah satu-satunya negara yang memiliki jumlah gunung berapi terbanyak di dunia. Jumlahnya mencapai 127 gunung berapi yang membentang dari pulau sumatera hingga ke Irian. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan Indonesia termasuk dalam zona atau area cincin api pasifik (Ring of Fire). Ring of Fire berbentuk seperti tapal kuda (huruf U) namun tapal kuda raksasa yang wilayahnya mencapai 40.000 km.

Dengan jumlah gunung berapi yang demikian banyak juga wilayah yang dikelilingi oleh lempeng aktif dunia, yaitu Lempeng Indo Australia di selatan, Lempeng Euro Asia di utara dan Lempeng Pasifik di sebelah timur menjadikan wilayah Indonesia lebih rawan/ lebih berpotensi terjadi bencana alam dibandingkan dengan negara tetangga. Terjadinya gempa tektonik dan gunung meletus, seperti yang baru-baru ini terjadi yaitu meletusnya Gunung Sinabung, Gunung Kelud, dan terakhir Gunung Slamet. Atau dulu gempa di Aceh yang mengakibatkan tsunami dan gempa di Jogja dan sekitarnya tahun 2006.

Banyaknya gunung berapi yang berada di wilayah Indonesia membuat masyarakat Indonesia mau tidak mau seharusnya tahu dan paham perilaku gunung berapi. Apalagi dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai ratusan juta jiwa. Salah satu perilaku gunung berapi adalah saat batuk atau meletus. Agar menjadi lebih waspada dan bisa mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya kenali, pahami dan ketahui tanda gunung akan meletus. Beberapa tanda gunung akan meletus adalah sebagai berikut:

1. Banyak Binatang Turun Dari Gunung
Beberapa binatang mempunyai indera yang lebih tajam dari manusia, mereka bisa merasakan getaran-getaran halus yang berasal dari dalam bumi dan punya firasat jika sesuatu seperti gunung meletus akan terjadi. Sehingga binatang akan menghindar menjauhi daerah puncak gunung. Munculnya binatang buas di pemukiman bukan hanya 1, tapi beberapa, juga burung yang bermigrasi.

2. Terjadi Gempa Lokal
Timbul suara gemuruh disertai dengan getaran, biasanya disebabkan oleh gempa lokal. Gempa-gempa tersebut biasanya berskala kecil namun intensitasnya sering. Gempa terjadi karena adanya desakan dari dalam perut bumi yang memaksa untuk keluar.

3. Lingkungan Sekitar Menjadi Panas
Tanda gunung akan meletus yang lain adalah berubahnya suhu lingkungan secara tiba-tiba menjadi lebih panas daripada biasanya. Hal ini dikarenakan naiknya magma yang bersuhu ribuan derajat celcius mendesak kelapisan kulit bumi, sehingga menjadikan udara disekitarnya menjadi panas.

4. Sumber Air Menjadi Mengering
Tanda lainnya yaitu mengeringnya sumber air. Jika dihari-hari biasa sumber air dari daerah pegunungan mengalir dengan lancar, tiba-tiba mengering atau air menjadi lebih hangat dari biasanya. 

5. Tumbuhan Layu
Karena suhu yang panas, daun-daun menjadi layu juga karena sumber air mengering.

6. Munculnya Gas Dari Puncak Gunung
Munculnya gas dari puncak gunung seperti Karbon monoksida (CO), Karbon dioksida (CO2), Hidrogen Sulfida (H2S), Sulfur dioksida (S02), dan Nitrogen (NO2) yang dapat membahayakan manusia.

Dari beberapa tanda gunung akan meletus diatas, semoga kita menjadi lebih dan lebih waspada akan bahaya gunung meletus.

0 Response to "Tanda Gunung Akan Meletus"

Post a Comment