--> Skip to main content

Cara Membuat Blog Terbaru dan Terupdate 2014

Ada yang terlupa dari postingan-postingan sebelumnya dalam pembahasan mengenai blog, ternyata pembahasan mengenai cara membuat blog belum diulas didalam blog ini. Padahal untuk menjadi blogger sejati hal pertama yang harus diketahui dan dilakukan adalah bagaimana cara membuat blog. Jika ada yang bertanya, "Aku kan tidak bisa membaca tulisan yang menggunakan bahasa Inggris. Apalagi kalau disuruh menulis blog dengan bahasa Inggris. Lantas bagaimana mungkin saya bisa membuat membuat blog?"

Itu mungkin beberapa ketakutan orang sehingga mengurungkan niatnya membuat blog. Padahal membuat blog tidak sesulit yang dibayangkan. Tidak memerlukan keahlian dalam membaca dan menulis artikel dalam bahasa Inggris. Sekarang ini bukan hanya bahasa Inggris saja yang menjadi acuan web terkemuka di dunia, bahasa Indonesia sudahpun sudah terintegrasi di dalam website populer tersebut. Termasuk juga web penyedia blog gratis seperti di blogspot/ blogger dan wordpress. Bukan hanya pada tampilan website yang menggunakan bahasa Indonesia, petunjuknya pun juga menggunakan bahasa Indonesia. Untuk menulis isian blog (disebut posting) tidak harus menggunakan bahasa Inggris, cukup dengan bahasa yang kita tahu saja. Menggunakan bahasa daerah saja boleh, tidak ada yang melarang.

Oke, melanjutkan pembahasan mengenai cara membuat blog terbaru dan terupdate. Postingan kali ini akan menggunakan platform blogger, karena saya lebih terbiasa menggunakan blogger daripada blog yang lain.

Tahap pertama sebagai cara membuat blog platform blogger adalah dengan membuat gmail. Gmail adalah layanan email yang dimiliki oleh google, bersifat gratis dan dimiliki oleh siapapun termasuk sobat semua. Jika belum punya, langsung saja ketik di address bar browser yang sobat gunakan gmail.com.
cara membuat blogger
Setelah pembuatan gmail selesai dilakukan, kemudian pada adress bar diketik www.blogger.com. Tidak usah bingung dan ragu-ragu, untuk dapat masuk/sign in ke blogger cukup dengan memasukkan username dan password gmail sobat. Ya, memang sama tidak perlu mengubah sandi atau password dan juga username. Jadi jika sudah mempunyai akun gmail berarti sama dengan sudah mempunyai akun blogger.
cara membuat blogger
Setelah sukses masuk ke blogger, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Pada tampilan ini, sobat belum bisa mengeblog, karena ini baru tampilan awal untuk bisa memiliki blog sendiri.
cara membuat blog
Untuk membuat blog langsung saja di klik tulisan Blog Baru seperti yang ditunjukkan tanda panah, sehingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini
cara membuat blogger
Ketikkan pada alamat, nama blog yang sobat inginkan. Jika muncul tanda seru seperti dbawah ini
berarti nama blog sudah digunakan, sobat bisa mengganti dengan nama yang lain sehingga muncul tanda centang seperti gambar diatas. Untuk judul blog harus diisi, biasanya diisi dengan tema blog yang akan sobat gunakan. Misal nama blog: "hargahp2014terbaru.blogspot.com", judul blog bisa diisi dengan Harga HP Terbaru 2014 dan Terupdate. Kemudian pilih template yang akan digunakan. Setelah itu semuanya lengkap, langsung saja klik buat blog. Taraaa...akhirnya blog baru sudah jadi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar