Tips Aman Bertransaksi di Mesin ATM

ATM singkatan dari Automatic Taller Machine atau dalam bahasa Indonesia Anjungan Tunai Mandiri adalah salah satu alat yang dimiliki oleh bank untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi keuangan baik itu pengambilan tunai, penyimpanan, pembayaran dan transaksi lainnya. Agar kemudahan tersebut tetap menjadi sesuatu yang aman, saya bagikan sedikit tips untuk yang mau bertransaksi di mesin ATM:

1. Pastikan dulu kartu ATM telah dibawa dan ingat passwordnya;
Daripada nanti kecewa setelah sampai di mesin ATM, eh kartu ATM tidak dibawa kan kesel sendiri. Atau seperti kejadian yang baru-baru di alami oleh My Sweety alias istri saya di artikel ini

2. Datang ke ATM yang mesinnya benar/ bagus dan tidak rusak serta tersedia uangnya
Pernah beberapa kali menjumpai mesin ATM yang ternyata rusak, tombol angkanya tidak berfungsi dengan baik. Tempat memasukkan kartu ATM nya juga keras sehingga ketika selesai transaksi, kartu ATM keluarnya agak lama, kaya ada yang menahan. Pastikan juga uang tersedia di mesin ATM.

3. Perhatikan di sekeliling Mesin ATM
Ini penting, kadang ada yang ditempel nomor telefon pengaduan namun bukan nomor resmi dari bank. Sebaiknya hati-hati bila mau bertransaksi di ATM seperti ini, atau pindah saja ke lokasi lain.
4. Perhatikan sebelum memasukkan Kartu ATM
Kartu ATM kan berbeda di setiap sisinya, juga bagian depan dan belakangnya berbeda. Perhatikan dulu sebelum memasukan kartu ATM, jangan sampai kebalik.

5. Keluarkan Kartu ATM Selesai Transaksi
Ini kayaknya yang agak sering dijumpai, transaksi sudah, password benar, tapi lupa mengeluarkan kembali kartu ATM setelah bertransaksi. Orang buru-buru pergi dan kartu ATM ditinggal saja di mesin ATM. Sangat berbahaya jika ada orang yang tadinya tidak punya niat mengambil milik orang menjadi mengambil karena ada kesempatan. Apalagi jika tahu kalau isinya besar. Makanya pastikan Kartu ATM sudah

0 Response to "Tips Aman Bertransaksi di Mesin ATM"

Post a Comment