Guru Asal Indonesia Raih Juara Dunia di Barcelona Spanyol

Sepertia apa perasaan Guru SMP Islam Al Azhar 9 Bekasi  Saara Suaib Hanafi saat menjadi pemenang lomba Learn-a-thon dalam Microsoft in Education Global Forum kategori kesetaraan gender yang diselenggarakan pada tanggal 11 s.d. 14 Maret 2014 bertempat di Barcelona, Spanyol. Pastinya sangat senang dan bangga, pasalnya raihan prestasi tersebut tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga prestasi Indonesia.

Dalam memenangkan kejuaraan tersebut, Saara Suaib tidak sendiri dia bersama dengan 5 guru lain yang berasal dari negara lain seperti Kanada, Slovakia, Perancis, Kenya dan Argentina yang tergabung dalam satu tim. Tim ini bekerja secara bersama dalam sebuah kompetisi bernama Learn-a-thon. Soal yang dilombakan adalah untuk memecahkan solusi Millennium Development Goal dimana kesetaraan gender menjadi salah satu kategorinya. Kompetisi dilakukan 24 jam dan mereka diharuskan  merancang kegiatan pembelajaran yang menampilkan penggunaan teknologi inovatif dalam tiga kategori Millennium Development Goals: Kemiskinan, Keberlanjutan dan Kesetaraan Gender.

"Berkompetisi dalam Learn-a-thon menggabungkan dua semangat hidup saya – memecahkan  tantangan pendidikan dan menggunakan teknologi dengan cara baru – dan saya merasa bangga, prestasi ini telah diakui oleh Microsoft," kata Saara Suaib. Ini adalah pengalaman pertama Saara dan tentu menjadi pengalaman yang sangat berharga buatnya.

Tiap kelompok dinilai oleh panel yang terdiri dari 5 juri. Sedangkan Pemenang hanya untuk juara pertama dan kedua pada masing-masing kategori. Kegiatan Learn-a-thon melibatkan lebih dari 1.100 peserta, termasuk 150 pemimpin pemerintahan pendidikan, eksekutif sektor swasta, 250 pendidik dan 75 pemimpin sekolah mentor. Mereka berkumpul untuk berbagi ide tentang bagaimana untuk memecahkan tantangan yang saat ini sedang dihadapi.

Penghargaan Learn-a-thon adalah sebagai wujud Microsoft dalam melindungi privasi siswa di seluruh dunia. Disamping itu juga untuk mengumumkan mitra baru dalam mengembangkan aplikasi pendidikan untuk Windows dan menyoroti solusi produk terbaik di kelasnya.

Adapun, program penghargaan ini menangkap semangat perintis dari Global Forum, menaruh perhatian pada para pendidik yang upayanya benar-benar menonjol dan telah membuat perbedaan untuk pembelajaran siswa mereka. 

Sumber:okezone.com

0 Response to "Guru Asal Indonesia Raih Juara Dunia di Barcelona Spanyol"

Post a Comment