--> Skip to main content

Twitter diblokir di Turki

twitter diblokir di turki
Twitter diblokir di Turki Salah satu website jejaring terbesar di dunia, Twitter baru-baru ini tidak dapat diakses di Turki. Beberapa pengguna Twitter di Turki mencoba membuka halaman Twitter namun alih-alih terbuka ternyata langsung redirect ke halaman Pernyataan dari Pengelola Telekomunikasi Turki. Pemblokiran tersebut terkait dengan pernyataan Perdana Menteri Turki Recep Tayyep Endrogan yang menyatakan akan menghapus dan melarang Twitter. Hal ini dikarenakan adanya user yang memposting dokumen yang menunjukan keterkaitan korupsi dengan Perdana Menteri Turki tersebut.

"Saya tidak peduli sama sekali dengan apa yang masyarakat internasional katakan. Setiap orang akan melihat kekuatan Republik Turki," kata Erdogan sebelumnya pada hari Kamis.

Dari kantornya mengatakan bahwa Twitter tidak menanggapi putusan pengadilan Turki untuk menghapus beberapa link dan hal tersebut memaksa pihak di Ankara untuk bertindak.

Namun pihak Twitter belum memberikan tanggapan terkait dengan isu tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya pada tahun 2010, Turki telah mencabut pelarangan Youtube setelah 2 tahun mendapat pemblokiran akibat video yang dianggap menghina pendiri Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

Sumber : bbc.com

Tidak ada salah sih, sebuah negara melarang produk negara lain untuk beredar di negaranya. Bila merasa produk tersebut tidak cocok dengan negaranya apalagi sampai bisa merusak, tentu peran pemerintah disana yang bisa mengendalikan keadaan menjadi penting. Mungkin saja Turki punya prioritas prioritas yang lebih penting dengan pemblokiran Twitter di Turki.

Bagi twitter, pemblokiran ini tentu menjadi sebuah tanda tanya, ada apakah dengan twitter di Turki? Petinggi twitter harus segera melakukan komunikasi dengan pemerintah Turki agar permasalahan sebenarnya bisa terselesaikan dan tidak menyebar ke negara lain. Mungkin saja twitter memiliki kelemahan yang tidak di akomodir di suatu negara sehingga memaksa otoritas negara tersebut melakukan tindakan yaitu pemblokiran. Sebab jika tidak dilakukan pemblokiran akan mengancam keamanan negara Turki.

Bisa saja karena satu pemblokiran di suatu negara, bisa berujung pada pemblokiran di negara lain. Untuk itu pihak twitter harus segera berunding dengan pemerintah Turki agar permasalahan di antara keduanya cepat selesai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar