--> Skip to main content

Asal Mula Permainan Futsal

Futsal, salah satu olahraga yang sangat digandrungi di Indonesia. Bukan cuma untuk kalangan anak muda saja, orang tua bahkan anak-anak pun menyuakainya. Apalagi saat ini, futsal telah banyak dilombakan dalam berbagai macam bentuk pertandingan, mulai dari lomba tujuh belasan, lomba ulang tahun sekolah, kompetisi antar kampus, hingga pekan olahraga nasional dan juga internasional sampai dengan olimpiade sudah mengikutsertakan futsal sebagai salah satu cabang yang dilombakan. Futsal sudah menjadi olahraga yang sangat mendunia dan mungkin hampir sejajar dengan sepakbola. 

Apakah futsal berasal dari Indonesia? Ternyata bukan, Asal mula futsal bukan berasal dari negeri sepakbola seperti Brazil yang kita tahu adalah negeri yang terkenal dengan Sepakbolanya. Juga bukan dari Inggris negeri asal mula sepakbola. Tapi asal mula futsal adalah berasal dari negara Uruguay tepatnya di kota Montevideo. Futsal lahir sebelum Indonesia merdeka yaitu tahun 1930. Diciptakan oleh seorang pelatih sepakbola yang cukup terkenal saat itu yaitu Juan Carlos Ceriani. Futsal ditemukan secara tidak sengaja oleh Juan Carlos Ceriani saat menjadi pelatih tim Sepakbola Portugal pada Piala Dunia 1930. Akibat cuaca yang selalu hujan, membuat latihan menjadi terganggu sehingga Juan Carlos memutuskan untuk mengganti latihan di dalam ruangan. Beberapa permainan seperti bola tangan, basket, dan polo air dipergunakan untuk latihan. Lalu lahirlah futsal sebagai alternatif latihan sepakbola timnas Portugal waktu itu. 

Itulah asal mula futsal dan berkat kontribusi Juan Carlos Ceriani, futsal menjadi mendunia seperti sekarang ini.

Futsal sangat cocok dimainkan di daerah dengan ketersediaan lapangan sepakbola terbatas seperti Jakarta. Cobalah berkeliling di Jakarta, dimanakah lapangan sepakbola yang bebas pakai dan berapa jumlahnya. Kalau dihitung-hitung, dengan luas wilayah yang sedemikian besar, tidak sebanding dengan banyaknya lapangan sepakbola.

Berbeda jika menghitung lapangan futsal, cukup banyak tempat yang dijadikan sebagai lapangan futsal. Meskipun untuk menggunakan lapangan futsal, pengguna harus menyewa beberapa ratus ribu, namun kepuasan setelah bermain tentu akan lebih terbayarkan. Kapan main futsal lagi sobat?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar