5 Tips Terhindar Dari Kejahatan Skimming

5 Tips Terhindar Dari Kejahatan Skimming-Transaksi menggunakan Kartu Kredit tentu sangat memudahkan bagi para penggunanya. Tidak perlu menghitung berlembar-lembar uang dan tidak perlu takut untuk membayar ternyata dengan uang palsu. Begitu juga dengan pengguna kartu ATM, apabila sedang butuh uang secara cash tidak perlu ke bank untuk mengambil uang, cukup datang mesin ATM dan ambil uang yang diperlukan. Kedua kartu tersebut sangat memudahkan bagi para penggunanya. Namun ternyata dibalik kemudahannya tetap menyimpan potensi kejahatan yaitu skimming. Skimming adalah suatu bentuk pengambilan informasi kartu ATM dan Kartu Kredit yang dilakukan secara ilegal. 

Pemilik kartu ATM yang telah diambil datanya oleh para pelaku skimming dapat dengan segera terkuras uangnya yang tersimpan di bank. Begitu juga dengan pemilik kartu kredit, tahu-tahu tagihannya melonjak drastis padahal tidak merasa melakukan transaksi dalam jumlah besar. Hal ini tentu tidak ingin terjadi pada sobat semua, begitu juga dengan saya. Agar tidak menjadi korban kejahatan skimming, sebaiknya baca beberapa tips agar terhindar dari kejahatan skimming berikut:

1. Cek Mesin ATM
tips cara menghindari skimming
Sangat tidak disarankan bertransaksi atau mengambil uang di mesin ATM yang telah rusak atau kelihatan bulukan. Cek juga slot kartu ATM apakah sudah kelihatan masih bagus atau ada goresan-goresan. Jika ada benda mencurigakan seperti kawat kecil atau kabel, segera batalkan rencana sobat mengambil uang di mesina ATM itu.

2. Pilih Lokasi ATM
Mesin ATM yang diletakan di tempat sepi cenderung mudah untuk dipasangi alat skimming karena tidak terpantau oleh orang banyak. Pilih lokasi yang lebih ramai dan lebih baik jika berada di kantor cabang bank nya, lebih terjamin keamanannya. Atau sekarang mesin ATM sudah tersedia di toko-toko swalayan.

3. Rahasiakan PIN
PIN kartu ATM atau kartu kredit jangan pernah diberitahukan ke orang lain, kecuali kepada orang kepercayaan sobat. Saat menekan PIN di mesin ATM atau card reader untuk kartu kredit, tutupi dengan tangan karena siapa tahu ada orang lain yang ingin mengetahui PIN sobat. Atau bisa jadi di tempat tersebut telah dipasangi kamera yang orang lain tidak tahu.

4. Periksa Saldo Secara Rutin
Kadang karena kesibukan kita tidak pernah memeriksa saldo direkening bank kita. Kita yakin saja setiap awal bulan pasti saldo bertambah. Apalagi jika buku tabungan juga tidak pernah dicetak. Luangkan waktu sobat untuk mengecek saldo secara rutin baik itu mingguan atau bulanan. Gunakan fasilitas internet banking untuk mengecek saldo di rekening sobat sehingga tidak perlu repot ke ATM ataupun ke bank

5. Berdoa
Sebelum sobat melakukan transaksi menggunakan kartu kredit atau mau mengambil uang di ATM sebaiknya selalu didahului dengan berdoa. Karena kejahatan selalu ada dimana saja dan kapan saja selama kesempatan ada.

0 Response to "5 Tips Terhindar Dari Kejahatan Skimming"

Post a Comment