Skimming Penyebab Kartu ATM dan Kartu Kredit Diblokir

Saat ini sedang ramai sekali diperbincangkan tentang pemblokiran kartu ATM Bank Mandiri. Untung saja saya tidak mengalaminya dan sobat pun tidak mengalaminya juga. Pemblokiran tersebut berkaitan dengan adanya aksi skimming yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Sebenarnya apa itu skimming? Beberapa waktu lalu pernah mencuat kemudian tenggelam, dan saat ini kembali skimming begitu banyak disinggung berkaitan dengan pemblokiran ATM. 

skimming kartu atm dan kartu kredit
Skimming adalah tindakan menyalin informasi kartu ATM dan kartu kredit nasabah bank yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan tanpa sepengetahuan dari pemilik kartu ATM maupun kartu kredit. Skimming merupakan suatu tindakan kejahatan karena para pelaku skimming memperoleh informasi secara ilegal. Pelaku memanfaatkan informasi yang tersimpan dalam pita magnetik di setiap kartu ATM dan kartu kredit kemudian dengan dibantu oleh alat khusus, maka informasi seperti yang ada dalam kartu tersebut dapat disalin dan disimpan. Informasi seperti nomor kartu kredit, PIN atau password kartu kredit atau ATM, identitas pemilik dapat diketahui dan disimpan.

Para pelaku skimming menggunakan cara yang cukup sederhana dalam memperoleh informasi kartu ATM dan kartu kredit korban. 

Tindakan skimming ini begitu marak saat ini apalagi alat khusus yang digunakan dipasarkan hanya dengan harga $50 saja di internet. Oleh karena itu, memang tidak salah jika Pihak Bank melakukan tindakan dengan memblokir kartu ATM yang terindikasi telah di skimming oleh pihak lain tentu demi keamanan uang nasabah sendiri.

Hal yang paling membahayakan dari skimming adalah penyalahgunaan data yang telah dicuri oleh para pelaku skimming seperti pencurian dana nasabah, tagihan kartu kredit yang tiba-tiba melonjak naik padahal sebelumnya tidak melakukan transaksi yang bernilai besar dan penggunaan informasi nasabah sebagai data identitas palsu pelaku. Oleh karena itu para pemegang kartu ATM dan kartu kredit diharapkan agar lebih berhati dalam menggunakan kartunya.

0 Response to "Skimming Penyebab Kartu ATM dan Kartu Kredit Diblokir"

Post a Comment