--> Skip to main content

10 Perguruan Tinggi Negeri Terfavorit di Indonesia

Senengnya yang sudah pada lulus SMA, apalagi kalau yang nilainya bagus, jadi tambah sumringah lagi deh. Buat yang baru lulus SMA dan belum kepengin kerja pasti lagi sibuk-sibuknya nyari tempat kuliah neh. Mau sekolah di negeri atau di swasta, terserah saja. Semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Buat yang kepengin nglanjutin ke universitas negeri, mending simak dulu artikel berikut ini supaya ada gambaran mau kuliah dimana. 

Tahu tidak sobat, dari ratusan perguruan tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia, ada 10 perguruan tinggi negeri terfavorit berdasarkan polling yang dilakukan oleh Koran Sindo.

Kenapa menjadi PTN favorit? Bisa karena kualitasnya, lokasinya, biayanya dan mungkin juga makanannya. Daripada penasaran ini saya berikan informasi yang saya dapat dapat Okezone. 

10 Perguruan Tinggi Negeri Favorit di Indonesia


1. Universitas Indonesia (UI) 19,7%

2. Universitas Gadjah Mada (UGM) 12,2%
3. Institut Teknologi Bandung (ITB) 11,9%
4. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 7,7%
5. Universitas Diponegoro (Undip) 7,5%
6. Universitas Padjadjaran (Unpad) 5,7%
7. Institut Pertanian Bogor (IPB) 4,5%
8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) 4,2%
9. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) 3,2%
10. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) 2,5%.

Sayangnya, dari 10 Perguruan Tinggi Negeri tersebut semuanya ada di Pulau Jawa. Namun tidak usah khawatir sobat, perguruan tinggi ditempat lain juga tidak kalah hebatnya.

Kenapa harus kuliah di perguruan tinggi negeri? Perguruan Tinggi Negeri apalagi yang favorit, pasti menjadi buruan para lulusan SMA dan sederajat. Pasalnya kuliah di PTN memiliki banyak keunggulan.

Kuliah di perguruan tinggi negeri sepertinya lebih terjamin masa depannya. Lihatlah para petinggi negeri ini, kebanyakan mereka adalah para lulusan dari perguruan tinggi negeri. Selain itu, perusahaan terkemuka banyak sekali menjaring mereka yang berasal dari perguruan tinggi negeri.

Disamping itu, dari instansi pemerintah sering kali menjaring road show dalam rangka penerimaan CPNS ke PTN di Indonesia pada PTN seperti yang sudah sudah saya sebutkan di atas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar