Hasil Sidang Itsbat Kementerian Agama, Puasa Mulai 29 Juni 2014

Kementerian Agama RI telah mengumumkan awal puasa tahun 2014 atau tahun 1435 Hijriah kali ini mulai tanggal 29 Juni 2014. Didahului dengan sidang itsbat yang dihadiri oleh Duta Besar Negara Sahabat,  MUI, Pimpinan Ormas Islam dan dari Kementerian Agama. Sidang Itsbat tersebut dimulai dengan penjelasan dari ahli astronomi dari Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Cecep Nurwendaya, M.Sc. yang mengatakan bahwa tidak ada referensi hilal awal Ramadhan 1435 H bisa teramati di wilayah Indonesia.
hasil sidang itsbat 1435 H atau 2014

Sebagaimana diketahui, dalam menentukan awal Ramadhan yang dilakukan Kementerian Agama adalah didasarkan pada Hisab dan Rukyat. Metode hisab dengan perhitungan dan hampir semua ormas Islam melakukannya. Sedangkan rukyat metode penentuan awal bulan Ramadhan dengan melihat/ mengamati secara langsung. Menurut Cecep, metode rukyat adalah dengan observasi astronomis, sehingga diharuskan ada referensi. Tanpa referensi, maka tidak dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Oleh karena itu, dalam menentukan awal Ramadhan di Indonesia, dilakukan melalui pengamatan di 63 titik di seluruh Indonesia. Dan menurut laporan para saksi di 63 titik itu, belum ada satupun yang berhasil melihat hilal. Hasil pengamatan astronomis memperlihatkan posisi hilal masih dibawah satu derajat. Dan nilai hilal yang dapat dijadikan dasar imkanulrukyat sesuai dengan kesepakatan MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunai Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) adalah dua derajat.

"Maka dengan dasar adanya laporan bahwa ketinggian hilal tidak sampai satu derajat dan laporan tidak satupun saksi yang ditunjuk berhasil melihat hilal, maka sidang Itsbat menyepakati untuk melakukan istikmal dengan menyempurnakan bulan Sya'bab menjadi tiga puluh hari", Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menyatakan dalam jumpa pers. Sehingga Puasa Tahun 1435 H atau 2014 kali ini dimulai pada hari Ahad 29 Juni 2014.

0 Response to "Hasil Sidang Itsbat Kementerian Agama, Puasa Mulai 29 Juni 2014"

Post a Comment