Manfaat Jahe Untuk Pengobatan dan Kesehatan

Wedang jahe, selain rasanya manis dan sedikit pedas aromanya juga segar. Apalagi jika ditambah dengan susu, rasanya semakin nikmat, namanya pun ada embel-embelnya menjadi jahe susu. Jahe, produk asli Indonesia, jahe menjadi rempah-rempah asli Indonesia dengan nama latin Zingeber Ocfficinale. Selain sebagai minuman, jahe jjuga biasa menjadi campuran dalam masakan, seperti bubur kacang ijo. Rasanya kurang jika membuat bubur kacang ijo tanpa dicampur dengan sepotong atau dua potong jahe. Memasak ikan, agar aroma amisnya hilang selain menggunakan jeruk nipis bisa juga ditambah dengan jahe. Ada lagi manfaat lain jahe yaitu sebagai bahan baku obat. Untuk obat apa saja coba?
manfaat jahe untuk pengobatan dan kesehatan
Senyawa alami yang terkandung di dalam jahe, bisa digunakan untuk mengatasi mual dan gangguan pencernaan. Ayo, yang lagi tidak enak makan atau mual-mual, segera ambil jahe terus campurkan dalam minuman baik dalam keadaan segar ataupun sudah dikeringkan, kemudian diminum. Mudah-mudahan mualnya sembuh dan makan menjadi enak.

Oya, untuk wanita hamil pasti deh sering mengalami mual-mual (ngidam). Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, jahe memang direkomendasikan sebagai obat alternatif alami untuk menghilangkan mual dan muntah selama masa kehamilan. Karena alami, pasti lebih aman dong dari obat-obat kimia.

Selain untuk mengatasi mual, jahe juga bisa digunakan untuk meredakan peradangan, bronkhitis, radang sendi dan infeksi pernapasan. Tambahan lagi, ternyata jahe juga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak maupun sistem sarafnya. Hebat kan..

Namun perlu diingat juga neh sobat, kalau mau mengkonsumsi jahe, sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Walaupun jahe memiliki manfaat yang begitu banyak, konsumsi berlebih dapat menyebabkan heartburn, bengkak dan iritasi pada lambung. Konsumsi yang wajar-wajar saja. Konsumsi jahe yang baik menurut para ahli adalah 10 gram per hari atau empat ruas. Jangan langsung dioleskan langsung ke kulit ya, karena bisa menyebabkan iritasi.

0 Response to "Manfaat Jahe Untuk Pengobatan dan Kesehatan"

Post a Comment