Cara Setting Domain Id Untuk Blogger

Cara Setting Domain Id Untuk Blogger - Mau membuat blog dengan domain khusus seperti .com (baca dot kom), .net, .info atau lainnya saat ini tidak membutuhkan biaya yang besar. Apalagi untuk domain dari Indonesia seperti  dengan ekstensi .id, salah satunya web.id, untuk registrasinya cukup dengan mengeluarkan uang Rp 55.000,00. Di Indonesia ada beberapa situs yang melayani registrasi domain id, seperti idwebhost dan rumahweb.com. saya baru melakukannya beberapa hari lalu melalui rumahweb.com. Prosesnya cukup mudah tinggal registrasi di rumahweb.com, cari dari domain, ketemu klik sampai checkout sampai keluar menu untuk pembayaran. Ada beberapa pilihan pembayaran melalui transfer rekening, bisa juga melalui paypal. Perbedaan dengan .com/ .net/ .info, pendaftar domain .id harus melampirkan hasil scan KTP/ SIM/ lainnya, milik sendiri tentunya. Untuk melakukan setting server dan DNS sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya kalau belum tahu caranya pasti akan menjadi kesulitan tersendiri. Pada postingan kali ini saya akan bagikan cara setting domain web.id dengan hosting gratis dari google.

Cara Setting Domain Id Untuk Blogger
Masuk ke akun rumahweb.com menggunakan email yang sobat gunakan waktu mendaftar, kemudian masuk ke clientzone.rumahweb.com, pilih domain yang akan disetting, kemudian klik nameservers seperti gambar di bawah ini:
sumber gambar:rumahweb.com
Pilih Use Custom nameservers kemudian isi semua seperti pada gambar, setelah itu klik Change Nameservers. Kemudian masuk ke menu domain, klik manage domain pada domain yang akan disetting seperti gambar di bawah ini, bisa langsung klik panah dan pilih manage DNS
sumber gambarr:rumahweb.com
sumber gambar:rumahweb.com
Berbeda pada pengaturan domain .com atau lainnya, pada pengaturan domain .id pengaturan A record, cname menjadi satu. Pertama dengan mengatur A record, dengan mengikuti petunjuk dibawah ini
sumber gambar : rumahweb.com
Pada kolom domain dikosongkan saja, kolom TTL isikan dengan 14400, Recordtype pilih yang A, pada IP or Hostname isikan secara berurutan dengan 216.239.32.21, lalu 216.239.34.21, lalu 216.239.36.21 terakhir 216.239.38.21.
Hasilnya pengisian A record menjadi seperti dibawah ini:
sumber gambar : rumahweb.com
Langkah selanjutnya, untuk mengisi cname, harus terlebih dahulu masuk ke akun blogger sobat, pilih blog yang akan sobat jadikan custom domain, kemudan masuk setelan dasar/ basic setting, pilih add custom domain seperti gambar di bawah ini:
sumber garmbar : rumahweb.com
Isikan domain yang akan sobat gunakan, lalu klik simpan. Belum berhasil disimpan ya...? Hehehe, tenang saja, itu memang salah satu langkahnya. Pasti muncul tampilan seperti berikut:
sumber gambar: rumahweb.com
Kode pada kotak merah itulah yang akan kita gunakan untuk mengisi pada kolom Cname. Masuk lagi ke rumahweb.com isikan pada manage dns seperti dibawah ini.
sumber gambar: rumahweb.com
Pada record cname pertama isikan dengan pada domain isikan dengan www, pada TTL isikan dengan 14400, record type pilih CNAME, pada hostname pilih ghs.google.com lalu klik Add Record. Pada record ke dua isikan domain dengan kode kedua di bawah www, dan pada hostname isikan dengan kode di bawah ghs.google.com, untuk ttl sama 14400 dan pada Record Type pilih CNAME.

Setelah sobat selesai menyeting CNAME masuk lagi ke blogger, lalu isikan lagi dengan domain khusus lalu klik save.
sumber gambar :rumahweb.com
Jika tidak muncul error, maka penggantian ke domain khusus id sudah berhasil. Jika belum berhasil, bisa mencoba dengan mengganti TTL dari 14400 menjadi 28800. Mudah-mudahan artikel Cara Setting Domain Id Untuk Blogger ini memudahkan sobat yang ingin menggunakan domain khusus id.

0 Response to "Cara Setting Domain Id Untuk Blogger"

Post a Comment