Selfie Yang Semakin Populer

Selfie bukan nama orang, nama penyanyi,  atau nama sebuah toko, selfie yang saya maksudkan disini adalah sebuah aktifitas yang dilakukan oleh seseorang dengan kamera yang digenggamnya maupun dengan bantuan peralatan lain dengan maksud untuk memfoto dirinya sendiri maupun orang lain yang ada bersama dia kemudian disebarluaskan lewat media sosial, bisa facebook, twitter, instagram, pinterest, dan lain-lain. Itu mungkin definisi selfie, agak panjang juga ya.hehehe
selfie dengan tongsis
sumber : merdeka.com
Selfie biasanya dilakukan oleh mereka yang punya gadjet bagus dengan kamera canggih. Seolah kamera menjadi sebuah magnet bagi setiap orang, dimana ada tempat bagus pasti maunya foto-foto terus. Apalagi jika ada moment menarik yang tidak mungkin orang lain bisa melakukannya, langsung jepret deh. Foto diri sendiri dengan kamera hp yang dimiliki atau sudah lazim disebut dengan selfie sudah sangat populer sekarang ini. Ada yang bilang katanya narsis dan sedikit lebay. Ah, tapi lama-lama yang bilang narsis dan lebay ikutan juga.hahah. Tapi memang selfie seperti menjadi kebutuhan setiap orang, bukan cuma anak muda, orang biasa, karyawan, pejabat, hingga artis bahkan presiden pun ikut-ikutan selfie juga seperti Barack Obama bersama Perdana Menterinya David Cameron disela-sela pemakaman Nelson Mandela. Eh, Presiden kita Pa SBY dan Ibu Ani juga pernah menyebarkan foto selfienya. Ya.. Selfie sudah merebak dimana-mana. 
presiden sby selfie
sumber : sidomi.com
Sebagian orang berselfie ria mungkin masih memperhatikan lingkungan dimana dia akan berselfie. Seperti saat berkumpul bersama teman-teman atau keluarga atau saat sedang ada acara penting kan sayang jika tidak diabadikan, di lift, kolam air mancur, di sawah pun bisa berselfie. Ada sebagian lain yang hobi tantangan dan bertualang justru lebih memilih tempat ekstrim dan berbahaya untuk berselfie. Pernah melihat sharing foto seseorang yang berselfie di atas sebuah gedung bertingkat dengan ukuran yang super tinggi. Hasil jepretannya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini. Waw.. Ngeri, demi mendapatkan foto selfie, orang rela bertaruh nyawa yang kapan saja bisa jatuh. Uh.. Kalau kepleset dikit pasti caw dari muka bumi ini dah..
selfie dari ketinggian super edan
sumber gambar: merdeka.com
Sejak dulu foto selfie sebenarnya sudah ada, namun tidak begitu sepopuler sekarang. Mungkin pada waktu itu perangkat selfie masih sangat terbatas. Beda dengan sekarang foto bisa menggunakan hp yang bisa dibawa kemana saja, istilah kerennya portable. HP/ Gadjet cukup dimasukan kesaku dan anda tidak perlu takut jatuh karena sudah dipastikan aman, dengan begitu saat ada moment menarik langsung bisa digunakan untuk berselfie ria deh. Kalau susah dengan tangan, anda bisa menggunakan perangkat tambahan yang disebut dengan tongsis alias tongkat narsis. Tongkat narsis ini memang khusus diciptakan untuk melakukan selfie. Jadi jangan heran jika anda sering melihat orang membawa tongkat sambil tersenyum sendiri didepan tongkat yang dipegangnya. Tongsis pertama kali dibuat di Australia namun pamornya belum terlalu menggema seperti sekarang. Konon tongsis dibawa ke Indonesia oleh seorang penggiat fotografi bernama Babap Dito Respati. Cukup membantu membantu memang saat mau foto dengan adanya tongsis. Coba saja kalau pas lagi jalan-jalan sendiri terus pengin foto tapi bingung mau minta siapa yang memfotokan atau malu minta tolong ke orang lain, bawa tongsis kan foto menjadi lebih mudah.

Bahaya Selfie
Namun dibalik berbagai hal yang menyenangkan saat melakukan selfie kemudian menguploadnya di facebook / twitter/ instagram anda lalu menjawab komentar teman-teman anda, ada bahaya yang siap mengintai saat anda tidak berhati-hati dalam berselfie. Seperti dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan mobil asal Amerika, Ford. Para peneliti dari Ford melakukan penelitian terhadap kurang lebih 7000 pengguna smartphone di kawasan Eropa. Fakta penelitian menyebutkan banyak dari pengguna telah membahayakan dirinya sendiri dan pengguna jalan lain saat melakukan selfie. Sebanyak sepertiga pengemudi di Inggris dengan rentang usia 18 - 24 tahun sudah pasti pernah melakukan selfie dari balik kemudi. Selain di Inggris, Jerman, Rumania dan Italia juga mengalami hal yang sama. Dan memang beberapa kecelakaan pernah terjadi akibat pengemudi terlalu asyik memfoto dirinya sendiri sehingga kehilangan konsentrasi saat di jalan. Bukan hanya luka-luka lho, nyawa juga jadi taruhannya. Rugi juga kan kalau nyawa melayang hanya demi sebuah foto narsis.

Supaya tidak sia-sia hidup kita, lebih baik lihat situasi dan kondisi saat mau selfie. Pastikan melakukannya di waktu dan lokasi yang tepat dimana tidak merugikan diri anda sendiri dan orang lain.

Gimana? Masih mau berselfie..? Mau dong.. Asal hati-hati dan selalu baca situasi. Sekian dari bangirul.

0 Response to "Selfie Yang Semakin Populer"

Post a Comment