Cara Agar Baterai HP Android Awet dan Tahan Lama

Cara Agar Baterai HP Android Awet dan Tahan Lama - Memiliki handphone bukan sebagai hal yang tabu lagi bagi masyarakat Indonesia, handphone telah menjadi kebutuhan utama bagi semua orang. Bukan hanya sebagai media untuk berkomunikasi dengan orang lain, handphone sebagai media untuk mendapatkan informasi akurat dan terupdate dari berbagai belahan dunia. Hadirnya memberi warna tersendiri bagi perkembangan Handphone di dunia. Android, salah satu sistem operasi yang dimiliki oleh google ini digunakan oleh sebagian besar pengguna handphone didunia. Berbagai merek kenamaan membenamkan android kedalam perangkat gadjetnya sebut saja Samsung, Smartfrend, Sony, Lenovo, HTC dan lain-lain. Ya, android menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna handphone di dunia.
cara agar baterai android tetap awet dan tahan lama

Namun sebuah masalah muncul ketika gadjet sudah mulai digunakan, beberapa pengguna android mengeluh smartphone/ tablet androidnya sering ngedrop baterainya padahal baru digunakan sebentar. Tentu saja jika terus terjadi seperti itu, aktivitas menggunakan smartphone anda menjadi terganggu baik saat mau telfon, browsing, chating, update status di media sosial menjadi terganggu. Memang wajar sebenarnya, mengingat berbagai tampilan dan fitur yang dimiliki oleh handphone berbasis android membutuhkan daya lebih besar. Apalagi jika handphone yang anda gunakan juga disisipi dengan berbagai aplikasi lain selain bawaan dari android sendiri, secara langsung akan memperbesar konsumsi daya baterai handphone anda. Apakah baterai yang dimiliki ponsel android memang selalu rentan dengan baterai yang selalu ngedrop? Jawaban tidak, sebab produsen ponsel android pasti sudah memiliki perhitungan tersendiri mengenai kapasitas daya simpan baterai menyesuaikan dengan spesifikasi yang dimiliki handphone android. Ternyata memang ada hal-hal dilakukan oleh pengguna sehingga menyebabkan baterai androidnya menjadi cepat ngedrop seperti mengecas terlalu lama padahal daya baterai sudah penuh. Oke, berikut kami berikan informasi mengenai cara agar baterai HP Android awet dan tahan lama.

1. Isi Baterai Secara Wajar
Ketika handphone anda sudah mulai menunjukan tanda baterai sudah mulai habis, kira-kira sisa baterai tinggal 15% segeralah lakukan pengisian. Pengisian akan lebih baik jika handphone dalam keadaan mati. Namun jika dalam keadaan hidup tetap bisa dilakukan tapi sebaiknya tidak digunakan untuk membuka aplikasi yang memakan daya dan memori besar. Jika sedang browsing, stop dulu browsingnya, jika sedang ngegame segera tutup dulu gamenya.

2. Tempat HP Pada Suhu Ruang
Pada suhu yang tinggi atau overheat yang diterima oleh handphone dapat menyebabkan baterai cepat rusak. Maka dari itu selalu hindarkan menempatkan handphone ditempat-tempat bersuhu tinggi seperti jendela yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, dashboard mobil. Bukan hanya baterai saja yang rusak saat terkena panas, LCD handphone bisa ikut rusak juga. Saat anda menggunakan aplikasi handphone baik untuk browsing dan ngegame usahakan untuk berhenti sejenak jika dirasa handphone mulai panas untuk menjaga baterai dan komponen lain agar tidak awet dan tahan lama. Letakan handphone pada tempat dimana terdapat suhu ruang dan tidak terkena panas matahari secara langsung.

3. Jaga Baterai Pada Kondisi Optimal
Kondisi baterai terbaik adalah saat berada pada posisi daya antara 40 sampai dengan 80 persen. Jika sudah berada di bawah angka 40 % sebaiknya mulai dilakukan pengisian ulang, atau paling maksimal dengan daya sisa 15% mulai diisi ulang. Usahakan untuk selalu membawa Power Bank, sehingga jika sewaktu-waktu baterai habis, bisa dengan mudah diiisi lagi.

4. Pilih Aplikasi Sesuai Kebutuhan
Hal yang paling memerlukan daya dalam jumlah besar adalah aplikasi yang dipasang di handphone. Pasanglah aplikasi yang menurut anda penting dan sering digunakan. Jika dirasa tidak perlu, maka tidak usah dipasang/ diinstal. Buang juga aplikasi yang sudah tidak pernah digunakan.

Mungkin itu saja tips atau cara agar baterai HP android tetap awet dan tahan lama, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Cara Agar Baterai HP Android Awet dan Tahan Lama"

Post a Comment