Profesi dan Pekerjaan Ini Semakin Ditinggalkan

Sebelum ditemukannya teknologi, beberapa pekerjaan harus dilakukan oleh banyak orang dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, teknologi mulai ditemukan. Dalam perkembangannya, peran teknologi terhadap kehidupan manusia punya pengaruh yang semakin besar. Seperti halnya untuk berkomunikasi, sebelumnya manusia hanya bisa melakukan komunikasi secara langsung melalui tatap mata atau hanya dengan berkirim surat. Melalui surat, informasi dapat disampaikan dari tempat yang jauh ke tempat yang dituju, namun memerlukan waktu yang cukup lama sehingga untuk informasi yang sifatnya segera bisa terkendala. Dulu mungkin sudah ada telegrap untuk mengirimkan pesan cepat dari tempat yang saling berjauhan, tapi telegrap hanya berada di tempat-tempat tertentu saja sehingga biasanya berada di kecamatan atau dikota sehingga untuk mereka yang berada di pelosok mungkin sedikit kesusahan untuk menerima pesan telegrap.

Ada sisi lain ketika teknologi mulai berkembang dan semakin menguasai sendi-sendi kehidupan manusia yaitu adanya pekerjaan yang dulunya dibutuhkan banyak orang namun sekarang hanya membutuhkan sedikit orang saja atau bahkan pekerjaan tersebut sudah mulai ditinggalkan karena sudah tergusur oleh pekerjaan lain yang lebih menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman. Beberapa pekerjaan yang sudah mulai ditinggalkan dan diperkirakan malah akan menghilang, berikut infonya

Petani
Dari dulu Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Namun akhir-akhir ini sepertinya petani mulai tergusur oleh profesi lain yang dianggap oleh sebagaian orang lebih menjanjikan. Para pemuda lebih memilih bekerja di kota daripada harus berada di sawah. Disamping itu juga karena beralihnya lahan-lahan pertanian menjadi daerah industri maupun perumahan membuat kesempatan membuka lahan baru menjadi semakin sedikit. Apalagi untuk petani konvensional, semakin maju teknologi membuat peran petani dalam mengolah tanah menjadi semakin berkurang dan telah banyak digantikan oleh mesin.

Tukang Pos
Sangat terasa sekali ketika handphone belum mengambil perannya dalam kehidupan manusia, orang sering menantikan surat yang dikirim oleh tukang pos atau ketika hari raya tiba ribuan orang saling berkirim kartu ucapan melalui kantor pos. Berbanding terbalik saat orang dengan mudah mengirimkan pesan dengan telefon selulernya. Segala informasi dengan mudah diperoleh tanpa terhalang oleh waktu dan tempat. Seiring berjalannya waktu orang sudah tidak lagi mengirim pesan lewat surat, apalagi dengan semakin merajainya internet dalam membantu manusia, membuat surat mulai ditinggalkan, orang lebih memilih mengirim lewat email ataupun media online lainnya. Mungkin inilah mengapa tukang pos mulai tergeser.

Pembaca Meteran Listrik
Dengan diterapkannya sistem pulsa pada instalasi baru listrik di Indonesia menjadikan pengguna jaringan listrik PLN tidak perlu membayar lagi tagihan listriknya tiap bulan di tempat pembayaran listrik. Pengguna cukup membeli pulsa sesuai dengan jumlah pulsa listrik yang dibutuhkan. Seperti halnya pulsa handphone, pulsa listrik juga akan habis jika penggunaannya sudah mencapai batas limit KWH yang dimiliki dari dari pembelian pulsa sebelumnya. Oleh sebab itu peran pembaca meteran listrik mulai ditinggalkan oleh PLN. Disamping itu, penggunaan meteran digital yang dapat mengirimkan data dari jarak jauh membuat perusahaan listrik dapat dengan mudah menerima data tanpa menggunakan jasa pembaca meteran listrik.

Wartawan Surat Kabar
Informasi adalah hal yang selalu dibutuhkan oleh manusia. Disamping itu kecepatan, keandalan dan updatenya informasi juga makin dinantikan oleh masyarakat. Hadirnya internet yang bisa menyediakan informasi secara cepat dan updatenya ternyata menjadi jawaban untuk kebutuhan tersebut. Intenet bisa diakses dari mana saja yang penting memiliki media untuk membukanya. Informasi dari luar negeri dapat dengan mudah diketahui melalui internet. Banyaknya media online di internet yang menyediakan informasi secara gratis untuk penggunanya membuat permintaan koran mulai menurun bahkan beberapa surat kabar  tutup. Oleh karenanya tidak heran jika banyak wartawan media cetak yang sudah mulai beranjak menjadi wartawan multimedia.

Agen Jasa Perjalanan dan Wisata
Informasi apapun dapat dengan mudah diketahui lewat internet mulai dari tempat wisata, harga tiket, penginapan, tempat makan dan lain-lain membuat orang dengan mudah melakukan perjalanan wisata tanpa perlu bantuan agen jasa perjalanan dan wisata. 

sumber:detik.com

1 Response to "Profesi dan Pekerjaan Ini Semakin Ditinggalkan"

  1. Makasih sharenya bermanfaat...
    Jika Anda butuh Kemasan Makanan Jangan sungkan hubungi saya.

    ReplyDelete