Tips dan Cara Memilih Hewan Kurban


Sebentar lagi umat islam akan segera merayakan idul adha atau idul kurban. Dinamakan dengan idul kurban karena pada hari raya idul adha, umat islam dianjurkan untuk memotong hewan kurban. Dan memang kurban menjadi salah ibadah yang sangat istimewa dan memiliki banyak sekali manfaat sehingga banyak umat islam yang berlomba-lomba untuk melaksanakan kurban. Banyaknya masyarakat yang akan berkorban tentu menyebabkan kebutuhan hewan seperti kambing dan sapi meningkat pada bulan-bulan menjelang pelaksanaan kurban berlangsung. Dan pedagang hewan musiman pun menjamur diberbagai kota. Mereka menawarkan bermacam-macam pilihan dari yang gemuk, sedang sampai dengan yang kurus. Harganya pun bervariasi mulai dari yang mahal sampai dengan yang cukup murah.
hewan kurban idul adha
Syarat Sah Hewan Kurban
Namun untuk memilih hewan kurban pada saat ramai seperti sekarang bagi orang awam tentu sangat menyita waktu dan salah-salah malah mendapatkan hewan dengan kualitas yang kurang memuaskan. Sebelum membeli hewan kurban sebaiknya ketahui terlebih dahulu syarat dan ketentuan mengenai hewan kurban. Hewan yang sah untuk berqurban hanya meliputi an’am saja yaitu sapi, kerbau, onta, domba, atau kambing, dengan syarat bahwa hewan-hewan tersebut tidak menyandang cacat, gila, sakit, buta, buntung, kurus sampai tidak berdaging atau pincang. Cacat berupa kehilangan tanduk, tidak menjadikan masalah sepanjang tidak merusak daging. Itupun harus dilihat umurnya. Onta dapat dijadikan sebagai qurban apabila telah mencapai 5 tahun. Jika sapi atau kerbau minimal berumur 2 tahun. Jika qurban berupa kambing domba (adh-dha’n) minimal telah berumur 1 tahun, sedangkan kambing kacang (al-Ma’z) paling tidak sudah berumur 2 tahun.   

Tips dan Cara Memilih Hewan Kurban
Setelah mengetahui apa saja yang menjadi syarat sah hewan kurban, berikut kami sajikan tips dan cara memilih hewan kurban sehingga ibadah kurban anda menjadi lebih yakin dan mantap.

1. Pilihlah hewan yang telah memenuhi syarat minimal umur.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, beberapa batasan minimal untuk masing-masing hewan kurban. Tanyakan kepada penjualnya apakah hewan yang dijualnya sudah berapa tahun. Jika penjualnya tidak mengetahui untuk kambing atau sapi bisa dengan melihat bentuk giginya. Jika masih berupa gigi susu maka dapat dipastikan bahwa hewan tersebut belum cukup umur. Kambing atau sapi yang cukup umur memiliki gigi tetap. Biasanya, gigi susu hewan kurban sudah tanggal bila usianya sudah setahun.

2. Beli Hewan Sudah Dicukur
Membeli hewan yang belum dicukur sama dengan membeli kucing dalam karung. Sebaliknya dengan membeli hewan yang telah dicukur membuat pembeli tahu apakah hewan gemuk atau kurus, ada bekas luka atau tidak. Pembeli akan tahu secara langsung kondisi fisik hewan kurban.

3. Kelengkapan Surat
Seperti halnya sepeda motor, hewan ternak pun memiliki surat keterangan. Tanyakan kepada pedagang apakah hewan memiliki Surat keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh Dinas Peternakan. Melalui surat tersebut dapat diketahui riwayat kesehatan hewan termasuk juga umurnya.

4. Perhatikan Tanda Fisik
Melalui tanda-tanda fisik juga akan diketahui kondisi hewan apakah sehat atau tidak. Hewan sehat gerakannya bebas, lincah, kuat, tidak pincang dan selera makannya bagus serta kebersihan hewan terjaga.

0 Response to "Tips dan Cara Memilih Hewan Kurban"

Post a Comment